Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Penuhi Hak Warga Negara, Muhammadiyah Usul ke Jokowi Tanggal 28 Juni Libur Iduladha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 20 Juni 2023, 08:28 WIB
Demi Penuhi Hak Warga Negara, Muhammadiyah Usul ke Jokowi Tanggal 28 Juni Libur Iduladha
Sekum PP Muhammadiyah Abdul Muti/Net
rmol news logo Usulan tentang libur atau cuti bersama Iduladha 2023 turut disampaikan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada pekan lalu.

Muhammadiyah meminta agar tanggal 28 Juni turut ditetapkan sebagai libur Iduladha, sekalipun Kemanag melalui Sidang Isbat telah menetapkan Iduladha jatuh pada tanggal 29 Juni.

“Kami menyampaikan usul agar 28 Juni ditetapkan sebagai hari libur atau cuti bersama mengingat banyak umat Islam yang merayakan Iduladha pada 28 Juni," ujar Sekum PP Muhammadiyah Abdul Muti kepada wartawan, Senin (19/6).

Abdul Muti menjelaskan bahwa ada tiga pertimbangan yang melatari usulan tersebut. Pertama, untuk memenuhi hak konstitusional warga negara dalam menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Kedua, dalam rangka menciptakan kehidupan beragama yang rukun, damai, dan saling menghormati.

"Ketiga, mencegah atau mengurangi terjadinya kegaduhan dan situasi yang tidak kondusif sebagai akibat dari pelaksanaan ibadah Iduladha yang berbeda sebagaimana pengalaman perbedaan Idulfitri 1444 H," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA