Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies jadi Alasan PDIP Cenderung Berkoalisi Meski Punya Golden Tiket

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 17 April 2023, 23:26 WIB
Anies jadi Alasan PDIP Cenderung Berkoalisi Meski Punya Golden Tiket
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri/Net
rmol news logo Sikap bergabung dalam suatu koalisi akan dipillih PDI Perjuangan, meskipun sudah terpenuhinya ambang batas pencalonan presiden atau presidential thereshold. Itu artinya PDIP memegang tiket emas karena bisa mencalonkan presiden tanpa harus berkoalisi

Analisa tersebut disampaikan pengamat politik dari Citra Institute, Yusak Farchan, mengamati potensi PDIP ikut sebagai anggota Koalisi Besar.

“Sebagai pemegang supremasi elektoral, PDIP pasti berkepentingan untuk memenangkan pilpres. PDIP saya kira akan mempertimbangkan ulang untuk menggunakan golden tiket,”  ujar Yusak kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (17/4).

Ia menjelaskan, pertimbangan PDIP ikut berkoalisi dengan barisan Koalisi Besar, yaitu karena corak kepartaian parpol yang dipimpin Megawati Soekarnopurtri ini.

“Prinsip PDIP sejauh ini adalah gotong royong dalam membangun pemerintahan. Artinya, PDIP cenderung akan berkoalisi dalam memenangkan Pilpres 2024,” tuturnya.

Maka dari itu, Yusak meyakini tujuan utama PDIP ikut berkoalisi dengan Koalisi Besar adalah karena ingin menumbangkan lawan politik Pilpres 2024 yang sudah muncul saat ini.

“Jika PDIP bergabung, maka potensi untuk mengalahkan Poros Anies sangat terbuka. Bagaimanapun, dukungan parpol kepada capres menjadi variabel penting dalam desain pemilu serentak,” katanya.

“Semakin banyak parpol pendukung, semakin berpengaruh terhadap elektoral capres,” demikian Yusak menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA