Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netty Prasetiyani Desak Pemerintah Segera Upayakan Pemulangan Dede Aisyah yang Jadi Korban TPPO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 06 April 2023, 11:48 WIB
Netty Prasetiyani Desak Pemerintah Segera Upayakan Pemulangan Dede Aisyah yang Jadi Korban TPPO
Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani/Ist
rmol news logo Sudah menjadi kewajiban Pemerintah untuk memberi perlindungan kepada setiap warga negara. Terlebih kepada mereka yang terancam keselamatannya.

Itulah kenapa Pemerintah harus segera mengupayakan pemulangan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Pekerja Migran Indonesia (PMI) nonprosedural, Dede Aisyah, yang saat ini berada di Suriah.

“Kami mendesak pemerintah agar segera mengupayakan pemulangan PMI Dede Aisyah yang jadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) ke Suriah," kata anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani, lewat keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (6/4).

Menurutnya, siapapun yang menjadi korban TPPO berhak mendapat jaminan perlindungan.

“Waktu yang berlarut-larut tanpa adanya kejelasan akan menambah risiko keamanan diri, jiwa, dan harta korban TPPO,” imbuhnya.

Legislator DPR RI dari Fraksi PKS ini menyesalkan munculnya penyaluran PMI nonprosedural, dan menduga ada mafia di balik penyaluran para pekerja ilegal itu.

“Kenapa kejadian TPPO dan penyaluran PMI nonprosedural terus saja  berulang? Ini seperti ada mafia penyalur PMI yang dapat dengan leluasa melakukan aksinya. Apakah ada backing dari aparat?" demikian Netty.

PMI nonprosedural asal Karawang, Dede Aisyah, menjadi korban TPPO setelah video pengakuannya menyebar. Ia mengaku dijual perusahaan penyalur tenaga kerja sebesar 12 ribu dolar AS atau sekitar Rp 180 juta ke majikannya di Suriah. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA