Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Shanghai Lockdown karena Covid, Jangan Lantas Jadi Alasan Tunda Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 18 April 2022, 19:12 WIB
Shanghai <i>Lockdown</i> karena Covid, Jangan Lantas Jadi Alasan Tunda Pemilu
Ilustrasi/Net
rmol news logo Meningkatnya sebaran Covid-19 membuat pemerintah Republik Rakyat Tiongkok me-lockdown Kota Shanghai sejak tiga pekan terakhir. Warga mulai resah dan marah, sebab hampir 25 juta penduduk di kota itu tidak bisa ke mana-mana.

Komunikolog Politik Nasional, Tamil Selvan memprediksi, guncangan akibat lockdown di Shanghai akan mempengaruhi ekonomi dan politik dunia, termasuk Indonesia. Sebab menurutnya banyaknya investor China yang menanamkan modal di Indonesia akan melakukan evaluasi akibat guncangan dalam negeri di China.

"Di Shanghai ada lebih dari 70.000 perusahaan asing dan 30 persennya milik Jepang. Artinya selain akan terjadi inflasi di beberapa sektor yang selama ini dimonopoli Jepang, investasi China di Indonesia pasti akan dievaluasi. Saya kira ini bahaya secara politik Indonesia," ungkap pria yang akrab disapa Kang Tamil kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/4).

Ketua Forum Politik Indonesia ini mengimbau agar pemerintah bisa mempersiapkan diri terhadap guncangan di China itu dengan tidak menganggu stabilitas masyarakat.

"Yang penting, ini jangan dijadikan alasan isu tunda pemilu lagi. Lalu para menteri sebaiknya berhenti bicara dan konsen kerja. Cukup yang bicara Presiden saja," tandasnya.

Lebih lanjut Kang Tamil menghimbau agar pemerintah mengkaji kembali proyek-proyek yang belum perlu, dan mengoptimalkan industri primer dengan memperkuat posisi pemerintah dalam regulasi.

"Seperti IKN harusnya bisa dikaji ulang, jangan ngotot. Pemerintah konsen memperkuat posisi terutama untuk produk kebutuhan pokok. Jangan kita dengar lagi negara kalah lawan mafia. Bisa bahaya jika bahan pokok langka," terangnya.

Kang Tamil optimis jika pemerintah bisa menjaga stabilitas keberadaan dan harga bahan pokok, Indonesia tidak akan terdampak virus covid tersebut.

"Kuncinya jangan ada kelangkaan barang pokok, dan jangan latah untuk penerapan PPKM. Biarkan ekonomi bergeliat, yang penting vaksin digencarkan. Karena yang namanya virus tidak mungkin hilang, kita yang harus beradaptasi," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA