Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo: Pemerintah Siapkan 6,7 Juta STB untuk Warga Miskin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 16 November 2021, 17:57 WIB
Menkominfo: Pemerintah Siapkan 6,7 Juta STB untuk Warga Miskin
Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Menkominfo, Johnny G. Plate bersama Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/11)/Repro
rmol news logo Sebanyak 6,7 juta Set Top Box (STB) untuk mendukung siaran televisi digital  atau Analog Switch Off (ASO) disiapkan pemerintah untuk warga miskin.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan, jutaan STB akan tersedia dan disalurkan pada waktu yang telah ditentukan sesuai tahapan ASO paling lambat tanggal 2 November 2022.

"Sekitar 6,7 juta STB bagi 6,7 televisi yang dimiliki oleh rakyat miskin ini yang sedang kita siapkan," ujar Johnny dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/11).

Johnny menyatakan, ketersediaan STB merupakan aspek penting untuk mendukung implementasi ASO. Menurutnya, STB dibutuhkan bagi perangkat televisi yang belum memenuhi standar Digital Video Broadcasting Second Generation Terestrial (DVB T2) atau TV digital.

"Bagi yang belum DVB T2 itu harus disediakan perangkat connector atau yang disebut dengan set top box atau STB," katanya.

Mantan Legislator Partai Nasdem ini memastikan 6,7 juta perangkat STB akan dibagikan langsung kepada warga yang memenuhi syarat. Selanjutnya, STB dipasang ke televisi analog yang belum memiliki standar DVB T2 agar bisa menerima siaran televisi digital.

"Jadi lebih dari sekadar bagi-bagi (STB gratis), karena harus dipasang dan di-install di perangkat televisi masing-masing. Sama seperti kalau pakai layanan internet, itu kan ada perangkat connector-nya," demikian Johnny. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA