Hal ini dikatakan pemilik CT Corps, Chairul Tanjung, saat menjadi pembicara di acara Hari Pers Nasional 2020, di Hotel Rattan Inn, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2).
“Kalau kita lihat sekarang, advertising atau biaya yang masuk ke media itu bertahan dan mulai melakukan perubahan. Terlihat sekarang itu media-media konvensional mulai mengecil pendapatannya, sementara media-media digital itu menjadi lebih besar,†ucap Chairul Tanjung di lokasi.
Menurut pria yang karib disapa CT ini, perubahan yang terjadi di era sekarang merupakan sebuah keniscayaan, lantaran gaya hidup manusia masa kini telah berubah.
“Media digital lebih cepat memberikan informasi. Dan yang paling penting, banyak hal yang dilakukan oleh media digital bukan hanya sebagai media, tapi hal-hal lain,†lanjutnya.
Sejumlah perusahaan-perusahaan raksasa, lanjut CT, seperti Amazon dan Facebook pada dasarnya bukanlah perusahaan media.
“Kalau kita lihat Amazon itu
e-commerce, Facebook itu perusahaan media sosial. Google itu
searching. Tapi yang terjadi sekarang tiga perusahaan ini sudah mengambil iklan yang jauh lebih besar dari perusahaan-perusahan media,†urainya.
Dia menambahkan, media digital saat ini bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang notabene bukanlah murni perusahaan kejurnalistikan. Namun mereka mengemasnya seakan menjadi platform media yang menjadi wadah informasi masyarakat.
“Jadi pesaing kita sebagai perusahaan media, bukan di antara perusahaan media saja. Pesaing kita sebenarnya mengarah kepada perusahaan-perusahaan bukan media, tapi perusahaan yang menguasai informasi dan teknologi,†tandasnya.
BERITA TERKAIT: