Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UI Wisuda 8.060 Lulusan D3 Hingga S3, Salah Satunya Fadli Zon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 27 Agustus 2016, 18:42 WIB
UI Wisuda 8.060 Lulusan D3 Hingga S3, Salah Satunya Fadli Zon
rmol news logo Sebanyak 8.060 mahasiswa Universitas Indonesia mengikuti Upacara Wisuda Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2015/2016 pada Jumat-Sabtu (26-27/8) di Balairung UI Kampus Depok. Pada wisuda kali ini, sebanyak 1.751 lulusan yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Pada upacara wisuda Pascasarjana, sebanyak 3.070 lulusan yang terdiri atas 312 lulusan Program Profesi, 348 lulusan Program Spesialis, 2.215 lulusan Program Magister dan 195 lulusan Program Doktor akan di wisuda.

Sebanyak 56 lulusan Program Profesi mendapatkan predikat Cumlaude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yaitu 3,93 diraih oleh Ihda Fakhriyana Istikarini dari program studi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK). Sedangkan pada program Magister sebanyak 424 lulusan Program Magister meraih predikat Cumlaude  dimana sebanyak tiga mahasiswa jenjang magister Fakultas Teknik (FT) meraih IPK sempurna (4.00). Ketiga mahasiswa tersebut adalah Sya'bandi Doli Siregar; Muthia Delaamira; Ade Utami Hapsari.

Pada program Spesialis, sebanyak 43 wisudawan meraih predikat cumlaude dengan IPK tertinggi yaitu 3,89 yang diraih oleh Stephani Dwiyanti I dari program studi Periodondia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Lebih lanjut, sebanyak 18 wisudawan Program Doktor mendapatkan predikat Cumlaude dimana perolehan IPK Sempurna (4,00) diraih oleh Adde Oriza Rio (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Pada upacara wisuda kali ini, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon juga turut menjadi wisudawan dari Program Doktor Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met memimpin Upacara Wisuda tersebut sekaligus menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017.

Dalam sambutannya, Prof. Muhammad Anis mengatakan sebagai institusi pendidikan yang menyandang nama besar bangsa Indonesia, UI berperan penting meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

World Economic Forum merilis Global Competitiveness Report 2015-2016 yang menunjukkan peringkat daya Saing Indonesia menurun menjadi peringkat ke-37 dari 140 negara yang dinilai. Untuk itu, UI berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa guna menghasilkan lulusan yang unggul dan tangguh yang secara langsung berdampak pada peningkatan daya saing lulusan di tingkat global.

"Kepada para wisudawan, mahasiswa dan sivitas akademika UI, kalian merupakan panji-panji UI yang akan terus berkibar," ucapnya.

Dia mengajak para wisudawan untuk mengisi kemerdekaan dengan komitmen dan semangat untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta menciptakan ragam inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi.

"Teruslah bekarya nyata dan inovatif di bawah pengayoman Veritas, Probitas, Justitia: Kejujuran, Kebenaran, Keadilan. Tingkatkan sumbangsih bagi bangsa dan negara tercinta melalui bidang keilmuan masing-masing," ungkapnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA