Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Layanan Sosial, MPS Muhammadiyah Gelar Rakernas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 19 Agustus 2016, 08:16 WIB
Perkuat Layanan Sosial, MPS Muhammadiyah Gelar Rakernas
rmol news logo Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I mulai Kamis sampai Minggu (18-21/8) di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Rakernas ini dihadiri 34 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia, serta 176 peserta dari 380 amal usaha Muhammadiyah di bidang sosial seluruh Indonesia. Seluruh Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah juga akan hadir.

Karena Rakernas dengan tema "Revitalisasi Pelayanan Sosial Muhammadiyah Menuju Indonesia Berkemajuan" ini juga sekaligus konsolidasi panti asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia.

"Rapat kerja akan membahas isu penting tentang transformasi amal usaha Muhammadiyah di bidang sosial yang telah berkarya lebih dari 1 abad," jelas Ketua Panitia Rakernas I, Jasra Putra.

Dia menjelaskan sebagai lembaga organisasi kemasyarakatan, pihaknya memang terus melakukan pembelajaran dengan pengembangan 3 program layanan utama yang telah dijalankan kurang lebih 1 abad. Yitu Pendampingan Keluarga, Santunan Keluarga dan Lembaga Pelayanan Sosial.

"Meski dalam perjalanannya proses layanan ini telah jauh melampaui 3 program yang dijalankan. Dengan berdirinya 318 Unit Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, 82 Unit Rehabilitasi Penyandang Disabilitas, 54 Unit Rehabilitasi Lansia," ucapnya.

Dalam pengembangannya Muhammadiyah dalam urusan sosial telah berjalan di 4 cakupan area. Yaitu pemberdayaan keluarga miskin, disabilitas, lansia,  dan anak terlantar. Untuk itu guna mengakomodir kebutuhan dan pelayanan yang berkembang di masyarakat Muhammadiyah mengembangkan model baru pelayanan melalui Balai Kesejahteraan Sosial.

"Tentunya konsolidasi pertama ini menjadi forum strategis guna menguatkan dan melakukan pencerahan kerja kerja dan kebijakan pelayanan sosial," tandasnya.

Sejumlah tokoh yang mengisi Rakernas tersebut antara lain Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy, Ketua Komisi VIII DPR RI Bapak Ali Taher Parasong, Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak Djarot Syaiful Hidayat, serta perwakilan UNICEF, Save The Children, dan SOS Children Villages. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA