Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima TNI: Selama TNI-Polri Netral, Pemilu Aman Damai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 29 Oktober 2023, 15:17 WIB
Panglima TNI: Selama TNI-Polri Netral, Pemilu Aman Damai
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono/Net
rmol news logo Seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus netral pada Pemilu 2024. Jajaran TNI dilarang memihak salah satu kekuatan politik pada pesta demokrasi.

Perintah itu disampaikan Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, usai mengikuti turnamen KSAD Cup Badminton 2023, di Arena Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (29/10).

"Selama TNI-Polri dan ASN netral, saya jamin Pemilu akan aman, damai, karena kuncinya memang di situ," tegas Panglima.

Dia juga mengatakan, tugas utama TNI adalah menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, termasuk memastikan Pemilu yang tinggal menghitung hari ini berjalan kondusif.

"Harus fokus pada tugas pokok kita. Selalu saya tekankan, jangan memihak, ikuti perintah untuk netral," tegas Panglima Yudo Margono.

Menurutnya, setidaknya ada 11 poin larangan sekaligus komitmen netralitas prajurit TNI yang harus dipedomani jelang Pemilu 2024.

Di antaranya, dilarang terlibat dan ikut campur dalam menentukan penetapan peserta Pemilu, baik perorangan atau kelompok partai.

Misalnya menjadi anggota KPU, Bawaslu, panitia pemilih, panitia pendaftaran pemilih, peserta dan/atau juru kampanye serta memobilisasi organisasi sosial, agama dan ekonomi untuk kepentingan parpol atau calon tertentu.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA