Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: KSAD Baru Cerdas Seperti Tito

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 22 November 2018, 09:45 WIB
Pengamat: KSAD Baru Cerdas Seperti Tito
Andika Perkasa/Net
rmol news logo Jenderal TNI Andika Perkasa pantas menduduki posisi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan pensiun pada bulan Januari mendatang.

Ini karena menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM. Hendropriyono itu merupakan salah satu perwira pintar yang dimiliki matra darat.

Begitu kata pengamat kepolisian dan keamanan dari Universitas Padjajaran Muradi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (22/11).

"Dia juga pintar secara ideal juga dia juga masuk salah satu perwira yang dianggap punya kecerdasan lebih baik dibanding yang lain," ucapnya.

Dia kemudian membandingkan dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang juga sama-sama memiliki kecerdasan dan kecakapan dalam memimpin.

"Artinya memang kalau di polisi ada Pak Tito, ya di TNI AD ada Pak Andika lah memang ini perwira-perwira yang pintar cerdas dan punya kualifikasi tempur yang mempuni," tambah Muradi.

Andika merupkan lulusan terbaik Susreg Seskoad angkatan ke-37 dan pernah menjabat di posisi-posisi penting TNI AD.

Di tahun 2013, Andika menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD. Setahun berikutnya, atau tidak lama setelah Joko Widodo-Jusuf Kalla dilantik, Andika dipercaya menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Dia kemudian Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura di tahun 2016. Sebelum kemudian dipindah menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) di tahun 2018.

Di tahun yang sama, Andika menjabat Komando Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) dan dilantik menjadi KSAD di Istana Negara pada pukul 09.00 tadi.

Andika tercatat tercatat pernah mengenyam pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University, USA; National War College, National Defense University, USA; Harvard University, USA; dan The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, USA. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA