Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Tekankan Tiga Kerangka Penting Penguatan Alutsista TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 20 Juli 2016, 23:41 WIB
Jokowi Tekankan Tiga Kerangka Penting Penguatan Alutsista TNI
ilustrasi
rmol news logo . Presiden Joko Widodo memimpin langsung rapat terbatas mengenai pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu sore (20/7).

Dalam arahannya, presiden menginginkan kerangka modernisasi TNI sudah dapat terlihat dan benar-benar nyata di tahun 2019.

Modernisasi tersebut terdiri dari tiga kerangka penting yang harus diwujudkan. Ketiganya sejalan dengan Rencana Strategis Kekuatan Pokok Minimum 2024.

"Pertama, TNI-AD memiliki alutsista berat seperti tank medium, heli serbu, dan persenjataan infantri khusus," urai Jokowi.

Untuk menunjang visi maritim Indonesia sebagaimana telah ditetapkan pada awal pemerintahannya, Presiden juga menginginkan TNI untuk memperkuat kemampuan angkatan laut.

"Kedua, TNI-AL diperkuat alutsista dengan karakter kemampuan angkatan laut seperti kapal selam, kapal perang permukaan, dan sistem pengintaian maritim untuk pengamanan lokasi yang berpotensi konflik," tambahnya.

Kerangka yang ketiga, Presiden menginginkan TNI untuk memiliki alutsista strategis yang mampu mengamankan kedaulatan Indonesia di wilayah udaranya.

"TNI-AU diperkuat oleh alutsista strategis berupa pesawat jet tempur, pesawat angkut berat, sistem pertahanan rudal, dan sistem radar," perintah Presiden.

Di antara para pejabat yang hadir dalam rapat terbatas tersebut, terdapat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu; Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA