Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SBY Ingatkan Penguasa, Hati-hati Beri Tugas Ke TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 10 Juni 2016, 20:57 WIB
SBY Ingatkan Penguasa, Hati-hati Beri Tugas Ke TNI
sby/net
RMOL. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan pemerintahan yang dikomandoi Presiden Joko Widodo dan wakilnya Jusuf Kalla, untuk berhati-hati dalam memberikan tugas kepada TNI.

Presiden RI keenam itu berpandangan bahwa saat ini banyak aktivitas TNI yang menyimpang dari fungsi dan tugas pokoknya.

Padahal, menurut SBY, dalam menjalankan sebuah operasi militer, TNI memiliki aturan sendiri. Namun, mereka tetap tidak boleh melanggar perintah atasan maupun pemegang kekuasaan.

"Banyak aktivitas TNI yang menyimpang dari tugas pokoknya. Operasi militer pun ada aturan. Demokrat berharap siapapun yang memegang kekuasaan, berhati-hatilah memberi tugas ke TNI," beber SBY dalam acara buka puasa bersama di kediamannya, Puri Cikeas, Jawa Barat, Jumat (10/6).

"TNI setia dan patuh kepada negara, sesuai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, namun para atasan dan para pemegang kekuasaanlah yang harus sungguh memahami dalam hal apa TNI tidak tepat untuk digunakan."

SBY khawatir, kemampuan TNI untuk bertempur dan berperang akan menurun apabila terlalu sering diperintahkan menjalankan tugas di luar fungsi pokoknya.

"Profesionalitas, kemampuan dan kesiagaannya untuk bertempur dan berperang bisa menurun," tandasnya. [wah]  

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA