Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Perang Paling Berat Perang Memenangkan Kemanusiaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Selasa, 12 April 2016, 13:44 WIB
Jokowi: Perang Paling Berat Perang Memenangkan Kemanusiaan
joko widodo/net
rmol news logo Salah satu perang yang paling berat adalah perang untuk memenangkan kemanusiaan.

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo saat menyambut deretan Armada Angkatan Laut dari negara-negara sahabat di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia pada acara Latihan Multilateral Komodo 2016 yang dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, Selasa (12/4).

"Saya memahami bahwa salah satu perang yang paling berat adalah perang untuk memenangkan kemanusiaan," kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi menilai operasi militer selain perang (OMSP) tidak dapat diremehkan. Jokowi mengatakan, operasi bantuan kemanusiaan, khususnya penanganan bencana alam di laut dan SAR, membutuhkan kesigapan, kecepatan, dan totalitas sumber daya. Dan operasi tersebut akan optimal jika didukung kerjasama, termasuk dengan Angkatan Laut negara-negara di Samudera Hindia dan Pasifik.

Seperti diberitakan Tim Komunikasi Presiden, lebih jauh presiden berharap latihan ini dapat menumbuhkan pemahaman yang sama mengenai perlindungan sumberdaya laut, kerjasama regional, dan peningkatan sumberdaya manusia sektor maritim.

"Ayo ke laut. Di laut tersimpan harapan. Di laut tersimpan kejayaan. Banyak ombak, banyak kehidupan," kata presiden mengakhiri sambutannya.

Yang mendampingi Presiden dalam acara itu adalah Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Ade Supandi, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Acara ini dihadiri pula oleh Menteri Koordinator bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA