Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemudik Terjebak Macet Puluhan Jam, Korlantas Polri Harus Dievaluasi!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 26 Desember 2015, 11:40 WIB
rmol news logo Sistem pengamanan Malam Natal yang dilakukan Polri di seluruh Indonesia patut diapresiasi. Sebab situasi keamanan dan ketertiban masyarakat terjaga dengan kondusif. Namun Polri dinilai kebobolan dalam mengantisipasi situasi arus lalulintas, sehingga kemacetan parah terjadi selama tiga hari terakhir di jalur Pantura Jawa.

Indonesian Police Watch (IPW) berpendapat, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti perlu mengevaluasi Korlantas Polri agar kasus serupa tidak terulang. Sebab akibat kecerobohan jajaran Korlantas Polri kemacetan parah "menyergap" jalur Pantura Pulau Jawa. Mulai dari Pelabuhan Merak, Jalan Tol Merak menuju Jakarta, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Cikampek dan Jalan Tol Cipali macet total sejak 23-25 Desember pagi.

"Tanda-tanda akan terjadinya kemacetan parah sebenarnya sudah terlihat sejak 23 Desember malam. Saat itu pintu keluar Jakarta ke arah Timur sudah sangat padat dan tak terkendali," papar Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam rilis elektroniknya, Sabtu (26/12).

Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Cikampek, Jalan Kalimalang, Jalan Casablanca, Jl Arteri Kalender, Jl Raya Pulogadung sudah padat dan macet parah. Tapi ironisnya, menurut Neta, tak satu pun polisi lalulintas terlihat di jalanan.

"Hingga pukul 00.30 tanggal 24 Desember, tak terlihat polisi di jalanan. Polisi baru terlihat pada 24 Desember pagi ketika situasi lalulintas Pantura makin tak terkendali," tambah Neta.

Kakorlantas Polri Irjen Condro Kirono pun baru melakukan patroli udara pada Kamis (24/12) siang saat situasi sudah kacau balau.

"Kecerobohan Koorlantas Polri ini sangat disayangkan. Padahal saat Lebaran 2015, jajaran Korlantas bekerja cermat dalam mengantisipasi arus mudik," tuturnya membandingkan.

Walaupun lalulintas sangat padat, pagar betis yang dilakukan Polri tetap bisa mengurai kemacetan mudik Lebaran. Tidak seperti di liburan Natal, situasi lalulintas tidak terkendali dan polisi terlambat tiba di jalanan. Akibatnya titik titik rawan kemacetan "mengunci" dan pengguna jalan terjebak puluhan jam di jalan tol.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA