Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kriteria Calon KSAU harus Sudah Terbukti Berprestasi dan Bertalenta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Minggu, 07 Desember 2014, 18:29 WIB
Kriteria Calon KSAU harus Sudah Terbukti Berprestasi dan Bertalenta
rmol news logo . Track record dan prestasi yang menonjol harus menjadi kriteria utama dalam menentukan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) mendatang. Presiden Joko Widodo jangan hanya mengandalkan jenjang karir dan kedekatan dengan para senior sosok yang akan menggantikan Marsekal Ida Bagus Putu Dunia tersebut.

"Demi visi kemaritiman Indonesia, Presiden Jokowi harus memilih KSAU dengan talenta dan prestasi hebat," jelas peneliti dari Lembaga Studi Pertahanan dan Politik Global, Ahmad Syatibi, (Minggu, 7/12).

Menurutnya, Jokowi harus memperhatikan rekam jejak dan prestasi calon KSAU. Makanya, Wanjakti harus berani telusuri rekam jejak, termasuk soal harta kekayaan para kandidat tersebut biar clear dan clean, tidak boleh ada calon yang bermasalah.

"Jokowi adalah Presiden luar biasa, harus memilih KSAU yang luar biasa pula. KSAU mendatang harus jenderal luar biasa, bukan jenderal yang biasa-biasa saja," tegasnya.

Belakangan ini beredar nama-nama yang digadang-gadang menduduki jabatan KSAU. Pertama, Wakil KSAU, Marsekal Madya Bagus Puruhito. Kedua Irjen Kemenhan, Marsekal Madya Ismono Wijayanto. Ketiga, Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas), Marsda TNI Hadiyan Suminta Atmadja.

"Saya rasa AU kedepan harus dipimpin orang yang bersih dari kepentingan politik rezim sebelumnya," kata Ahmad seraya menambahkan bahwa ini untuk memaksimalkan kinerja Angkatan Udara gar semakin memperkuat visi kemaritiman Presiden Jokowi. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA