Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sutarman: Polri Akan Bantu Jokowi Wujudkan Indonesia Negara Maritim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 24 Oktober 2014, 14:09 WIB
Sutarman: Polri Akan Bantu Jokowi Wujudkan Indonesia Negara Maritim
jenderal sutarman/net
rmol news logo Institusi Polri senantiasa siap mendukung visi Presiden Joko Widodo soal penguatan potensi kelautan menuju negara maritim.

Kapolri Jenderal Sutarman menyatakan, Polri sudah mempunyai kekuatan polisi air atau Polair. Tapi hal itu belum cukup karena kemampuan peralatan, khususnya kapal polair, masih rendah.

"Polri punya Polair. Polair itu adalah pengamanan di perairan yang ada penduduknya. Saya tidak akan mampu menjangkau sampai ZEE (zona ekonomi eksklusif), batas laut yang luas. Karena peralatan yang kecil, kapal kita di bawah 50 meter panjangnya," kata Sutarman, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/10).

Karena itu Polri selalu melakukan koordinasi dengan seluruh kementerian atau lembaga lainnya yang terkait dengan pengamanan laut.

"Di sinilah perlu koordinasi seluruh kementerian dan lembaga yang memiliki fungsi dan tugas amankan laut, sekaligus untuk eksploitasi dan eksplorasi kekayaan laut ini untuk kepentingan masyarakat Indonesia," jelasnya.

Polri memang belum mampu menjangkau seluruh ZEE seperti TNI Angkatan Laut. Namun, ditegaskannya, Polri akan mendukung dan berkoordinasi untuk mengamankan kebijakan presiden serta meningkatkan dan menggerakkan ekonomi kelautan dengan program maritim yang dicanangkan presiden. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA