Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Chairman Toyota Wanti-wanti, Era Mobil Listrik Bisa Ciptakan Banyak Pengangguran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 15 Oktober 2024, 06:23 WIB
Chairman Toyota Wanti-wanti, Era Mobil Listrik Bisa Ciptakan Banyak Pengangguran
Chairman Toyota, Akio Toyoda/Jama
rmol news logo Pandangan Chairman Toyota sekaligus anggota keluarga pendiri Toyota, Akio Toyoda, tak bisa dipandang sepele. Mantan CEO Toyota itu mewanti-wanti bahwa bakal banyak orang yang kehilangan pekerjaan saat dunia memasuki era mobil listrik.

"Ada 5,5 juta orang yang terlibat dalam industri otomotif di Jepang. Di antara mereka ada yang sudah lama bekerja di bidang mesin," ujar Toyoda, dikutip dari Reuters, Senin, 14 Oktober 2024.

"Jika kendaraan listrik hanya menjadi satu-satunya pilihan, termasuk untuk pemasok kami, pekerjaan orang-orang itu akan hilang," imbuhnya.

Saat ini, Toyota merupakan produsen mobil dengan penjualan terbesar di dunia. Tak heran mereka lebih berhati-hati dalam pendekatannya terhadap kendaraan listrik dibandingkan produsen lain.

Di sisi lain penjualan EV global juga sedang melambat, namun jajaran produk hybrid terus meningkat. Termasuk di pasar utamanya, Amerika Serikat.

Hal yang sama dialami pasar Indonesia, di mana mobil hybrid saat ini jauh lebih laris ketimbang mobil listrik. Meskipun mobil listrik sudah mendapat keistimewaan dari insentif fiskal dan nonfiskal dari pemerintah.

Karena itu, Toyota akan memperjuangkan hal yang disebutnya sebagai strategi "multi pathway" menuju emisi nol karbon yang mencakup kendaraan listrik, hibrida, kendaraan sel bahan bakar hidrogen, dan teknologi powertrain lainnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA