Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Masalah Upah, 130 Mekanik Tesla Swedia Mogok Kerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Oktober 2023, 07:28 WIB
Protes Masalah Upah, 130 Mekanik Tesla Swedia Mogok Kerja
Bengkel Tesla di Swedia/Net
rmol news logo Sejumlah mekanik Tesla di Swedia mengundurkan diri dari pekerjaannya pada Jumat (27/10) setelah pembuat mobil listrik tersebut menolak untuk menandatangani perjanjian upah kolektif.

Juru bicara serikat pekerja IF Metall, Jesper Pettersson, mengatakan pemogokan tersebut berdampak pada sekitar 130 mekanik Tesla di tujuh bengkel di seluruh Swedia.

"Karyawan Tesla mendapatkan upah yang lebih rendah, tidak memiliki asuransi yang sama, dan memiliki pensiun yang lebih rendah dibandingkan pekerja industri lainnya," kata Pettersson, seperti dikutip dari The National.

Pettersson mengatakan protes berawal saat Tesla memberi tahu mereka pada Selasa (25/10), bahwa mereka tidak akan menandatangani perjanjian perundingan bersama.

Pendiri dan pimpinan Tesla, Elon Musk, secara konsisten menolak seruan untuk mengizinkan 127.000 karyawan perusahaannya di seluruh dunia untuk berserikat.

"Pekerja di Tesla Swedia yang melakukan pemogokan mendapat kompensasi dari serikat pekerja yang setara dengan gaji mereka," kata Pettersson.

Dia mengatakan bahwa kecuali Tesla mengubah posisinya, IF Metall akan memperluas pemogokannya pada 3 November untuk mencakup semua perbaikan bengkel mobil Tesla di seluruh Swedia, tidak hanya yang dilakukan oleh karyawan Tesla. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA