Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Luncurkan Mobil Tanpa Pengemudi Pertama di Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 Oktober 2023, 09:27 WIB
Rusia Luncurkan Mobil Tanpa Pengemudi Pertama di Eropa
Mobil Yandex/Net
rmol news logo Raksasa teknologi asal Rusia, Yandex, telah mengumumkan peluncuran kendaraan tanpa pengemudi pertama di Eropa, yang mampu beroperasi tanpa pengemudi atau pengontrol di kursi penumpang.

Yandex mengatakan mobil tersebut sedang menjalani tes di Innopolis, sebuah kota kampus di Republik Tatarstan Rusia. Mereka menambahkan bahwa tes tersebut adalah yang pertama di Eropa.

"Mobil self-driving tersebut ditemani oleh kendaraan lain yang memiliki operator yang memiliki remote control jika terjadi keadaan darurat," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari RT, Kamis (26/10).

Menurut Yandex, ini adalah tahap ketiga dan terakhir dari program percontohan layanan taksi tanpa pengemudi.

Awal tahun ini, Yandex meluncurkan robotaxis di resor Laut Hitam Sochi dan sebuah distrik di Moskow, meskipun pengemudi keselamatan diperlukan di dalam kendaraan.

Yandex telah mengembangkan program percontohan kendaraan otonom sejak 2018. Innopolis, sebuah pemukiman yang dibangun sebagai pusat inovasi, telah menjadi tempat pengujian utamanya.

Menurut perusahaan tersebut, penduduk setempat sejauh ini telah melakukan lebih dari 77.000 perjalanan dengan robotaxisnya, yang menempuh jarak lebih dari satu juta kilometer. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA