RMOL. Rencana penggunaan mesin konstruktor baru, Claiming Rule Teams (CRT) pada balapan MotoGP musim depan mendapat tanggapan negatif dari para pebalap.
Musim 2012 balapan MotoGP akan mengÂgunakan mesin 1.000cc, seÂtelah lima tahun menggunakan meÂsin 800cc. Tahun depan, juga mengÂguÂnakan mesin konstruktor baru, CRT.
Pebalap Repsol Honda, Dani PedÂrosa menilai, mesin CRT tiÂdak lebih bagus dari mesin motor prototype yang saat ini eksis di MotoGP.
“Secara keseluruhan, CRT lebih lemah dari MotoGP. Bukan hanya motornya, tapi juga komÂponen di dalamnya, seperti ban, rem dan suspensi, semuaÂnya lebih lemah,†kata Pedrosa.
Hal senada juga pernah diÂlonÂtarkan pebalap Ducati, Valentino Rossi terkait penggunaan mesin CRT. Menurut The Doctor, diriÂnya lebih pas menggunakan meÂsin lama, dibanding CRT.
“Tentu, kami ingin membalap dengan seperti motor kami seÂkarang, teknologi super dan peÂnampilan super. Tapi, dana suÂdah pasti berkurang untuk membeli teknologi seperti itu, jadi tidak ada pilihan lain, menggunakan jeÂnis CRT,†keluh rider dengan tuÂjuh gelar juara dunia MotoGP ini.
Memasuki era baru kelas 1.000cc, pihak Dorna, selaku peÂnyelenggara telah memberikan ijin kepada CRT untuk bersaing di musim depan. Tim ini juga diÂperbolehkan memasok meÂsinnya ke sejumlah tim.
Namun, Pedrosa nampak pesiÂmistis dengan keberadaan pesaÂing baru ini. Dia menilai, CRT masih belum cukup mampu berÂsaing, karena menggunakan meÂsin motor produksi massal, seÂperti di Superbike.
“Saya tak akan senang jika harus menunggangi ini CRT di maÂsa depan. Menurut saya, itu meÂruÂpakan kemunduran karena sebelumnya saya sudah memÂbaÂlap dengan prototype tercepat di dunia dan saya tidak tahu apakah mereka (CRT) bisa memberikan kesenangan seperti yang sekaÂrang terjadi di MotoGP,†ungkap pebalap asal Spanyol ini.
Pada musim 2012 MotoGP menÂdatang, semua tim CRT akan meÂnÂdapatkan beberapa perlaÂkuÂan khusus, hal tersebut dilakukan demi mentoleransi kemampuan meÂsin-mesian baru yang belum diketahui tingkat kompetitifnya dibanding mesin prototype.
Semua tim CRT diperÂboÂlehkan menggunakan 12 mesin seÂlama satu musim, sedangkan tim non CRT hanya diperbolehÂkan mengÂgunakan enam mesin dalam satu musim.
Tim-tim tersebut adalah Repsol Honda Team, Yamaha Factory Racing Team dan tim hebat lainÂnya. [Harian Rakyat Merdeka]
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: