Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemacetan Jadi PR Utama Gubernur-Wagub Jakarta Terpilih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 03 September 2024, 07:05 WIB
Kemacetan Jadi PR Utama Gubernur-Wagub Jakarta Terpilih
Analis Kebijakan Transportasi Azas Tigor Nainggolan/RMOL
rmol news logo Tiga pasangan bakal Cagub-Cawagub DKI Jakarta yang akan mengikuti Pilkada 2024 mempunyai pekerjaan rumah (PR) penting apabila kelak terpilih, yakni masalah kemacetan.

Demikian peringatan yang disampaikan Analis Kebijakan Transportasi Azas Tigor Nainggolan kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Selasa (3/9).

"Jakarta macet dikarenakan tingginya penggunaan kendaraan bermotor pribadi. Tingginya penggunaan kendaraan bermotor pribadi di Jakarta dikarenakan  masih kurang nyamannya  akses menuju ke layanan angkutan umum," kata Tigor.

Tigor mengingatkan bahwa angka kerugian akibat kemacetan Jakarta hingga saat ini setidaknya mencapai Rp180 triliun per tahunnya.

"Angka ini adalah sebuah kerugian dan biaya yang sangat mahal karena kemacetan Jakarta," kata Tigor.

Tigor melihat kondisi ini disebabkan oleh layanan transportasi publik massal di Jakarta yang masih belum diintegrasikan secara baik.  Menurutnya, diperlukan langkah untuk memecahkan masalah kemacetan di Kota Jakarta.

"Masalah kemacetan ini menjadi PR di bidang transportasi yang harus dipecahkan oleh program dan kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta mendatang periode 2024-2029," kata Tigor.

Langkah pentingnya memecahkan kemacetan adalah dengan mengajak pengguna kendaraan bermotor pribadi mau berpindah menjadi pengguna.

Pendekatan pemecahannya tidak hanya oleh satu pendekatan pemecahan, tetapi harus dilakukan melalui beberapa  kebijakan oleh gubenur dan wakil gubernur Jakarta.

"Tujuan kebijakannya dilakukan agar langkahnya membuat pengguna sulit menggunakan kendaraan bermotor pribadi tetapi mudah aksesnya mendapatkan layanan transportasi publik massal di Jakarta," pungkas Tigor. rmol news logo article

 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA