Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Kambing Kurban Tembus Rp7 Juta Per Ekor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 13 Juni 2024, 01:25 WIB
Harga Kambing Kurban Tembus Rp7 Juta Per Ekor
Kambing kurban di Banda Aceh/RMOLAceh
rmol news logo Harga kambing kurban di Banda Aceh menjelang Iduladha 2024 dijual di rentang Rp2,5 juta hingga Rp7 juta per ekor sesuai ukuran. Harga ini mengalami kenaikan sekitar 40 persen dari sebelumnya.

"Kenaikan harga ini dipicu beberapa faktor, salah satunya adalah kerugian yang dialami peternak pada tahun sebelumnya," kata penjual kambing kurban di Banda Aceh, Afdal, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Rabu (12/6).

Afdal menjelaskan, kerugian yang dialami peternak itu dipengaruhi daya beli masyarakat yang menurun. Hal tersebut, membuat peternak harus mengeluarkan biaya tambahan. Seperti perawatan dan pakan.

Apalagi pada tahun ini, lanjutnya, penjualan kambing kurban justru menurun drastis. Sebelumnya ia dapat menjual 350 ekor kambing, kini baru terjual 45 ekor saja.

Afdal menilai penurunan daya beli itu dipengaruhi faktor ekonomi masyarakat. Karena itu ia berharap masyarakat dapat mengalokasikan dana untuk berkurban, meskipun dengan jumlah yang lebih kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Afdal meminta pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih kepada peternak di Aceh. Sebab, peternak membutuhkan dukungan dan bantuan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kualitas hewan ternaknya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA