Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenag: Hanya Visa Haji yang Bisa Digunakan Beribadah Haji

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 13 Mei 2024, 15:59 WIB
Kemenag: Hanya Visa Haji yang Bisa Digunakan Beribadah Haji
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyapa jemaah calon haji Indonesia yang berangkat pada kloter pertama, Minggu (12/5)/Istimewa
rmol news logo Untuk bisa menjalankan ibadah haji di Arab Saudi, para jemaah hanya bisa menggunakan visa haji. Bukan visa ziarah atau bahkan visa turis.
 
"Kemenag kembali menegaskan bahwa hanya visa haji yang bisa digunakan dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi," ucap Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI, Akhmad Fauzin, dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji di Jakarta, Senin (13/5).
 
Akhmad lantas menekankan bahwa penggunaan visa haji diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PIHU).
 
"Pasal 18 UU PIHU mengatur bahwa visa haji Indonesia terdiri atas visa haji kuota Indonesia dan visa haji mujamalah undangan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi," paparnya.
 
Lebih jauh, Akhmad menjelaskan, bahwa visa kuota haji terbagi menjadi dua. Yakni haji reguler pemerintah dan haji khusus yang diadakan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus atau PIHK.
 
Untuk itu, Akhmad pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak tergiur dan tertipu oleh tawaran berhaji dengan visa 'ummal atau pekerja serta visa ziarah atau turis.
 
"Atau bahkan, tawaran dengan sebutan 'visa petugas haji'," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA