Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Solo Pilot Project Jaringan Kabel Bawah Tanah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 26 April 2024, 22:27 WIB
Solo Pilot Project Jaringan Kabel Bawah Tanah
Jaringan kabel di atas mulai dirapikan dan segera ditanam di tanah/RMOLJateng
rmol news logo Telkom Area Solo berencana membangun jaringan kabel bawah tanah. Untuk tahap pertama dilaksanakan di sepanjang jalur utama Jalan Slamet Riyadi.

Kepastian itu disampaikan General Manager Telkom Wilayah Telekomunikasi (Witel) Solo, Nanang Setyo Utomo, kepada wartawan, Jumat (26/4).

Untuk tahap awal, Kota Solo jadi pilot project. Telkom kerjasama dengan Pemkot Solo. Setelah itu dilanjutkan ke wilayah lain di Solo Raya.

Menurut Nanang, jaringan kabel bawah tanah (underground) dilakukan dengan mempertimbangkan estetika, agar di sepanjang jalan protokol terlihat lebih rapi.

Diakui, sejumlah titik di Kota Solo tampak tidak nyaman dipandang, karena kondisi jaringan yang tiangnya seperti rumpun bambu.

"Ini tiang apa hutan?" sergahnya, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng.

Untuk itu Telkom berencana menurunkan kabel-kabel yang selama ini di atas. Selanjutnya ditanam di tanah.

Selain estetika, juga menjaga agar tetap aman, karena jaringan di atas rentan cuaca, termasuk pohon roboh dan angin kencang. Kabel bawah tanah relatif aman dari gangguan.

Sementara AVP External Communication Telkom, Sabri Rasyid, menambahkan, pihaknya mengajak awak media melihat langsung bagaimana Telkom Solo maintenance terhadap infrastruktur.

"Seperti pembenahan jaringan dan kabel-kabel. Ini (pemeliharaan) rutin dilakukan, demi pelayanan maksimal," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA