Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pj Gubernur Jatim Pastikan Lahar Dingin Lumajang Tertangani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Minggu, 21 April 2024, 18:35 WIB
Pj Gubernur Jatim Pastikan Lahar Dingin Lumajang Tertangani
Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, meninjau wilayah terdampak banjir lahar dingin di Kabupaten Lumajang, Minggu (21/4)/RMOLJatim
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, meninjau wilayah terdampak banjir lahar dingin di Kabupaten Lumajang, Minggu (21/4). Dia memastikan semua telah tertangani.

Gerak cepat, kata dia, telah dilakukan Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial dan BPBD dengan memberikan bantuan logistik, menerjunkan alat berat, dan mendirikan dapur umum.

"Begitu ada laporan banjir lahar dingin, saya langsung perintahkan perangkat daerah terkait turun lapangan, alat berat turun, dan memastikan kebutuhan dasar warga terpenuhi,” ujarnya.

Seperti diketahui, intensitas hujan di Gunung Semeru menyebabkan banjir lahar dingin dan membuat Daerah Aliran Sungai (DAS) Regoyo meluap hingga menyebabkan 7 desa dan 3 kelurahan di Candipuro, Pronojiwo, Pasirian, Lumajang, dan Sukodono terdampak banjir dengan ketinggian 15-20 cm.

Sedikitnya 495 KK terdampak, 42 KK diantaranya mengungsi di 2 titik. BPBD juga mencatat 3 korban meninggal dunia. Dua diantaranya merupakan pasangan suami istri warga Dusun Jurang Geger, Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro.

DIkutip dari Kantor Berita RMOLJatim, saat ini genangan air telah surut, dan para pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing.

Selain itu banjir lahar dingin juga menyebabkan 6 jembatan rusak, 1 fasilitas umum, dan 5 hewan ternak warga mati.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA