Corporate Secretary PAM Jaya, Gatra Vaganza mengatakan, pipa yang mengalami kebocoran tersebut mensuplai air baku ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Pejompongan.
"Gangguan suplai air ini akan berdampak bagi pelanggan PAM Jaya di 84 kelurahan di Jakarta," kata Gatra dalam keterangannya, Kamis (4/4).
Berikut lokasi terdampak kebocoran pipa Perum Jasa Tirta (PJT) II:
Jakarta Selatan Kuningan Timur, Karet Semanggi, Setiabudi, Karet, Karet Kuningan, Senayan, Selong, Rawa Barat, Petogogan, Melawai, Kramat Pela, Gunung, Kuningan Barat, Tebet, Tebet Barat, Tebet Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Manggarai, Manggarai Selatan, Menteng Dalam dan sekitarnya
Jakarta PusatTanah Abang, Gelora, Bendungan Hilir, Petamburan, Kebon Melati, Karet Tengsin, Kebon Melati, Kebon Kacang, Kampung Bali, Cideng, Petojo Selatan, Gambir, Petojo Utara, Duri Pulo, Kebon Kelapa, Kebon Sirih, Cikini, Gondangdia, Sawah Besar, Mangga Dua Selatan, Pasar Baru, Kartini, dan Karang Anyar
Jakarta BaratMaphar, Taman Sari, Krukut, Tangki, Mangga Besar, Pinangsia, Mangga Besar Selatan, Glodok, Kota Bambu Selatan, Slipi, Kota Bambu Utara, Palmerah, Kemanggisan, Tomang, Jati Pulo, Grogol, Jelambar Baru, Jelambar, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, Wijaya Kusuma, Pekojan, Duri Selatan, Duri Utara, Krendang, Jembatan Lima, Tambora, Tanah Sereal, Roa Malaka, Jembatan Besi, Angke, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Kelapa Dua, Sukabumi Selatan, dan Sukabumi Selatan
Jakarta TimurKebon Pala
Jakarta UtaraPejagalan, Penjaringan, Pluit, dan Ancol
Direktur Pelayanan PAM Jaya Syahrul Hasan menambahkan bahwa perbaikan pada pipa cukup kompleks karena membutuhkan kondisi kering mengingat di lokasi kebocoran terdapat utilitas listrik milik PLN di atas pipa air baku milik PJTII, sehingga aliran air baku perlu dikurangi atau dihentikan oleh PJT II sementara sewaktu dibutuhkan.
“PAM Jaya berkomitmen untuk berupaya meminimalkan gangguan pelayanan yang dialami pelanggan, terutama pada jam sibuk," kata Syahrul.
Syahrul juga mengimbau agar pelanggan bersedia untuk menampung dan membatasi penggunaan air untuk sementara waktu.
Selain itu, PAM Jaya juga menyiagakan bantuan penyediaan air bersih melalui truk tangki air bagi lokasi-lokasi fasilitas umum, seperti rumah sakit, tempat ibadah, dan yayasan sosial.
"Bantuan sementara tangki air juga tersedia bagi pelanggan PAM Jaya lain yang membutuhkan. Ketua RW di wilayah terdampak dapat menghubungi contact center 24 jam Lapor PAM pada nomor 1500223," demikian Syahrul.
BERITA TERKAIT: