Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atasi Ketimpangan Ekonomi, Menko PMK Saran Optimalkan Zakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 16 November 2023, 20:19 WIB
Atasi Ketimpangan Ekonomi, Menko PMK Saran Optimalkan Zakat
Menko PMK, Muhadjir Effendy/Ist
rmol news logo Mengoptimalkan zakat bisa menjadi jawaban untuk menciptakan pemerataan ekonomi dan menghapus ketimpangan di masyarakat.

Demikian disampaikan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, saat menutup Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Amil Zakat Nasional, yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI), di Discovery Hotel Jakarta, Kamis (16/11).

"Zakat dapat dioptimalkan sebagai instrumen pengentas ketimpangan ekonomi," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) 4 periode itu.

Besarnya potensi zakat di Indonesia, lanjut Muhadjir, harus dapat dimanfaatkan dengan baik. Karenanya, amil zakat harus memahami dan mengikuti perkembangan ekonomi nasional.

Baznas dapat mengambil peran aktif dengan memanfaatkan data yang ada di pemerintah terkait kondisi perekonomian suatu daerah dan jumlah penduduk miskin yang telah dipetakan by name by address. Itu sangat berguna untuk menentukan penerimaan dan penyaluran zakat.

"Ke depan, Baznas dan Laznas dapat lebih fokus pada upaya pengentasan kemiskinan ekstrem, penurunan prevalensi stunting, dan afirmasi pada kelompok difabel dan lansia. Saya kira harusnya seperti itu," ungkapnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA