Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atasi Kekeringan, Pemdes Tawangrejo Blora Ngebor Sumur di Persawahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 11 September 2023, 01:36 WIB
Atasi Kekeringan, Pemdes Tawangrejo Blora Ngebor Sumur di Persawahan
Pengeboran mata air Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan Blora, Jawa Tengah/RMOLJateng
rmol news logo Pemerintah Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan Blora, Jawa Tengah, mencari titik air dengan mengebor sumur di tengah area persawahan. Pengeboran dilakukan untuk mengatasi kekeringan yang berakibat susahnya akses air bersih.

Rencananya, air yang akan ditampung di tandon program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) guna membantu sekitar 80 kepala keluarga di desa tersebut.

Selama pamsimas belum beroperasi warga terpaksa mengambil air bersih di dukuh tetangga yang tidak jauh dari Desa Tawangrejo.

Kades Tawangrejo, Parjana, mengatakan, hampir setiap kepala keluarga memiliki sumur pribadi, namun kondisi sumur hampir mengering.

"Hasil survei titik sumber air berada di tengah persawahan aset desa tepatnya di area persawahan milik perangkat desa Tawangrejo, guna kepentingan bersama kita lakukan pengeboran," ujar Parjana dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Dia berharap, sumur yang dibor ini, mampu mencukupi kebutuhan warga, sehingga kendala krisis air yang selalu melanda tiap kemarau teratasi.

Dari data BMKG 14 dari 16 kecamatan di Blora dilanda kekeringan. Total ada 188 desa di Blora mengalami kesulitan air. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA