Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemkab Kepulauan Seribu Kembangkan Potensi Wisata Pulau-pulau Berpenduduk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 03 September 2023, 09:48 WIB
Pemkab Kepulauan Seribu Kembangkan Potensi Wisata Pulau-pulau Berpenduduk
Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata unggulan DKI Jakarta/Net
rmol news logo Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jakarta yang banyak menarik minat wisatawan domestik hingga mancanegara.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu selalu berupaya menyuguhkan tak hanya tempat wisata yang atraktif, namun juga fasilitas pendukung yang memadai.

Atas upayanya untuk terus menghadirkan fasilitas terbaik bagi para wisatawan, salah satu wilayah di Kepulauan Seribu Utara, yaitu Desa Wisata Pulau Kelapa, mendapatkan pengahargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 untuk kategori Home Stay dan Toilet.

Penghargaan tersebut diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan, prestasi ini merupakan kali kedua berhasil diraih Kabupaten Kepulauan Seribu. Sebelumnya, Desa Wisata Pulau Untung Jawa juga berhasil masuk nominasi ADWI.

“Kabupaten Kepulauan Seribu berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi pulau-pulau berpenduduk agar semakin dikenal secara luas, salah satunya melalui ADWI ini. Pada tahun ini, Desa Wisata Pulau Kelapa masuk nominasi 75 desa terbaik ADWI tahun 2023 untuk kategori Home Stay dan Toilet,” kata Junaedi melalui siaran persnya, Minggu (3/9).

Menurut Junaedi, ke depan Kabupaten Kepulauan Seribu akan terus mempersiapkan pulau-pulau lainnya untuk ikut ADWI, sehingga makin dikenal lebih luas.

“Dampak ADWI sangat terasa di bidang pariwisata, di mana Kepulauan Seribu akan dikenal dari sisi konservasi alamnya yang bisa menarik perhatian para wisatawan. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari daratan Jakarta juga membuat kawasan ini menjadi destinasi wisata utama,” kata Junaedi.

Untuk diketahui, penghargaan ADWI dari Kemenparekraf RI ini diikuti 7.275 desa wisata yang ada di Indonesia. Setelah dilakukan proses penyaringan, ada 4.573 desa wisata pada ADWI 2023 yang masuk proses kurasi menjadi 500 besar desa wisata.

Kemudian, disaring kembali menjadi 300 desa wisata. Akhirnya, terpilih 75 desa wisata terbaik ADWI 2023. Adapun, lima kategori penilaian yang menentukan pada ajang ADWI 2023 ini adalah daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian seperti alam dan buatan, seni serta budaya), suvenir, homestay dan toilet, digital dan kreatif, kelembagaan dan desa wisata CSHE. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA