Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Gemerlap Ibukota, Ternyata Masih Ada Warga DKI Yang Belum Punya Jamban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 07 Oktober 2019, 17:25 WIB
Di Tengah Gemerlap Ibukota, Ternyata Masih Ada Warga DKI Yang Belum Punya Jamban
Kali tempat pembuangan limbah BAB di kawasan Grogol/RMOL
rmol news logo Di tengah gemerlapnya Jakarta sebagai ibukota negara, ternyata masih ditemukan juga ada warga DKI yang masih Buang Air Besar (BAB) sembarangan.
HUT 79 RI

Hal itu dialami sebagian warga Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat tepatnya di wilayah RT 015/RW007 di Gang Sekretaris I.

Ratusan warga harus bergantian menggunakan jamban untuk urusan BAB. Parahnya, limbah dari jamban tersebut tidak langsug mengalir ke septic tank melainkan ke kali.

Untuk itu, Lurah Tanjung Duren Utara, Iskandar beserta jajaran dinas lainnya, Senin (7/10), meninjau warga yang menggunakan WC bersama.

Iskandar berjanji akan segera membangun lubang septic tank di wilayah RT 015/RW 007 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

"Kami dari pemerintah sudah mulai menentukan titik pembangunan lubang septic tank," ungkap Iskandar saat melakukan peninjauan ke lokasi.

Pembangunan septic tank akan dilakukan di dua tempat sepanjang gang Sekretaris I.

"Kalau kami lihat tadi sekitar 100 meter ada 21 KK, sehingga kami hitung rasionya sekitar 10 kepala keluarga untuk satu titik lubang septic tank. Jadi ada dua titik yang akan kami gali," jelas Iskandar.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengatakan persoalan seperti ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi Jakarta.

Oleh karena itu Anies memerintahkan jajarannya untuk mengupayakan mengatasi persoalan tersebut dengan menyertakan ibu-ibu PKK untuk turut mengidentifikasi kampung-kampung mana saja di wilayah Jakarta yang belum memiliki jamban sehat.

"Dengan kita menggunakan pendataan bersama PKK, kita bisa mengidentifikasi sekarang kampung-kampung mana yang belum memiliki jamban yang lengkap," kata Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (5/10). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA