Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Budayakan Gerakan Literasi, Anies Ajak Warga Membaca Buku Di MRT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 04 September 2019, 21:37 WIB
Budayakan Gerakan Literasi, Anies Ajak Warga Membaca Buku Di MRT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Dalam usaha menumbuhkan budaya literasi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merencanakan membuat perpustakaan di setiap Stasiun MRT.

"Jadi kami di Jakarta ingin mendorong penumbuhan literasi baca, khususnya itu dilakukan di semua tempat," ujar Anies saat ditemui di Jakarta Convention Center Jakarta seusai membuka Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) 2019, Rabu (4/9).

Selain rumah dan kantor, kata Anies, ada ruang ketiga lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu saat di perjalanan. Ia pun tengah merancang agar transportasi umum Jakarta bisa menjadi tempat literasi yang nyaman.

"MRT sedang dirancang program untuk para penumpang bisa pinjam buku di stasiun keberangkatan, dibaca di perjalanan, dan dikembalikan di stasiun tempat tujuan," sambungnya.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan ini juga akan memperbanyak perpustakaan, tempat penjualan buku, dan pasar buku di Jakarta. Hal itu akan didorong oleh Pemprov DKI dengan melakukan gerakan pendekat kemitraan yang bekerja sama dengan pemerintah.

"Saya menduga bukan kita tidak punya minat baca, tapi daya bacanya yang tidak ada. Itu harus dibedakan. Itulah target yang harus didorong. Kalau minat baca kita tinggi, apa lagi baca Whatsapp," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA