Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Informasi Terkini Gunung Api Harus Sampai Ke Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 30 Juli 2019, 10:47 WIB
Informasi Terkini Gunung Api Harus Sampai Ke Masyarakat
Bambang Soesatyo/Net
rmol news logo Terdapat 127 gunung yang masih berstatus aktif di Indonesia. Sebanyak 19 di antaranya berada di Pulau Jawa dan beberapa mengalami peningkatan aktivitas vulkanik.
HUT 79 RI

Gunung api aktif di Jawa antara lain Gunung Merapi, Gunung Semeru, dan Gunung Bromo. Bahkan, Gunung Tangkuban Parahu di Lembang, Jawa Barat mengalami erupsi freatik pada Jumat (26/7) lalu.

Untuk itu, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, dan Pos Pemantau untuk terus memantau aktivitas gunung berapi.

"(Pemantauan untuk) memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai status terbaru gunung-gunung tersebut," ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, Selasa (30/7).

Dikatakan Bamsoet, penyampaian informasi kepada masyarakat bisa menggunakan seluruh sarana. Baik melalui media cetak, siber, dan siaran serta memanfaatkan SMS broadcast.

Selain itu, politisi Partai Golkar ini meminta masyarakat diberi edukasi mengenai mitigasi bencana oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Untuk melakukan sosialisasi dan simulasi evakuasi dan mitigasi bencana secara komprehensif kepada seluruh masyarakat," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA