Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penumpang Melonjak, Stasiun Gambir Siapkan 12 Kereta Tambahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 30 Mei 2019, 16:41 WIB
Penumpang Melonjak, Stasiun Gambir Siapkan 12 Kereta Tambahan
Kereta api/Net
rmol news logo Penumpang kereta api (KA) di Stasiun Gambir mengalami lonjakan signifikan sejak H-10 lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan itu, pihak manajemen menyiapkan 12 KA tambahan.
HUT 79 RI

"Untuk di tanggal 30 ini di stasiun Gambir kita berangkatkan 44 kereta api, yang 32 KA reguler dan 12 KA tambahan," ujar Kepala Stasiun Gambir, Rizki Afrida di kantornya, Kamis (30/5).

Terhitung hingga pukul 09.00 WIB tadi, sudah ada 20.546 kursi yang terjual. Penambahan armada KA sendiri akan terus dilakukan hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri.

"Penambahan keretanya kita terus dari H-10 sampai H+10," imbuh Rizki.

Rizki menuturkan, dari seluruh perjalanan kereta terbilang merata untuk semua tujuan. Tidak ada tujuan favorit yang menjadi fokus utama para penumpang.

Oleh sebab itu, KA tambahan pun diberikan hampir menyeluruh ke semua tujuan, antara lain ke Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Malang.

Pihak stasiun Gambir memprediksi puncak arus mudik akan berlangsung pada esok hari atau lusa. Penumpang KA diperkirakan akan semakin melonjak tinggi pada waktu tersebut.

"Untuk puncaknya sendiri kita nanti tanggal 31 (Mei) atau tanggal 1 (Juni) kemungkinan akan lebih tinggi dari hari ini. Tapi hari ini juga sudah termasuk tinggi," kata Rizki.

Khusus di hari ini, perjalanan KA masih memperlihatkan bangku kosong. Tercatat total kursi ada 21.254 namun, sampai dengan pukul 09.00 WIB tadi penumpang baru 20.654. Perjalanan yang masih menyisakan kursi kosong yakni rute Cirebon dan Malang.

"Jadi nanti kalau mau full-nya itu di tanggal 1, 2, 3, 4 (Juni)," tambah Rizki.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, Stasiun Gambir turut menambah sejumlah fasilitas. Antara lain posko kesehatan, area bermain, musala, serta ruang tunggu dengan tempat duduk yang nyaman dan instagramable. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA