Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Sulit, PLN Berhasil Alirkan Listrik Ke 5 Desa Di Halmahera Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 22 Mei 2019, 06:15 WIB
Meski Sulit, PLN Berhasil Alirkan Listrik Ke 5 Desa Di Halmahera Selatan
Foto: Istimewa
rmol news logo Lima desa yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara berhasil mendapatkan fasilitas kelistrikan di bulan Ramadan ini.
HUT 79 RI

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Romantika Dwi Juni Putra mengatakan bahwa PLN menargetkan 36 desa yang tersebar di Kabupaten Halmahera Selatan diperkirakan sudah akan mendapatkan fasilitas listrik. Target tersebut diperkirakan akan selesai tahun 2020 mendatang.  

“PLN terus berupaya untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Maluku dan Maluku Utara. Upaya ini dilakukan dengan terus melistriki desa-desa yang belum berlistrik atau dilistriki oleh PLN,” ujarnya, Selasa (21/5).

Lima desa yang berhasil mendapatkan infrastruktur keistrikan tersebut adalah Desa Liaro, Desa Wayakuba, Desa Sumatinggi, Desa Indari dan Desa Nondang. Kaya Dwi, adapun Rasio Elektrifikasi PLN di Provinsi Maluku Utara kini telah mencapai 88,16 % dengan target 90,89 % di tahun 2019 ini.

Dwi mengakui terdapat kendala yang dihadapi PLN dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Halmahera Selatan. Diantaranya infrastruktur jalan dan pelabuhan yang belum memadai.

Karena, untuk melistriki lima desa tersebut PLN harus membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 28,93 Kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,7 kms dan 6 unit Gardu Distribusi.

Dwi berharap kehadiran listrik di lima desa tersebut akan membantu meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat dan juga membantu berbagai aktivitas lainnya.

“Seperti misalnya kegiatan belajar anak-anak yang kini mendapatkan penerangan di malam hari,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA