Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spirit Of Majapahit Diinisiasi Indroyono, Diantar Rizal Ramli, Dan Dijemput Luhut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 12 Agustus 2016, 14:40 WIB
rmol news logo Ada yang menarik dari perjalanan kapal Spirit of Majapahit yang kini telah menyelesaikan misi berlayar menuju Jepang.

Para kru kapal pun telah kembali ke tanah air dengan keadaan selamat. Sementara kapal replika Spirit of Majapahit kini dimuseumkan di Okinawa, Jepang.

Ekspedisi Spirit of Majapahit dalam perjalanannya ternyata melibatkan tiga menteri koordinator bidang maritim sekaligus. Menko Indroyono Susilo yang menginisiasi ekspedisi ini pada 2014 lalu. Kemudian semasa Menko Rizal Ramli yang memberangkatkan dan melepasa keberangkatan kapal Ekspedisi Spirit of Majapahit mengarungi samudera ke Jepang.

Setiba di tanah air, para kru kapal disambut oleh Menko Maritim yang baru, Luhut Pandjaitan.

"Jadi Spirit of Majapahit ini ada tiga Menko yang terlibat. Pak Indroyono Susilo yang menginisiasi, yang mengantar Pak Rizal Ramli, yang menjemput Pak Luhut Pandjaitan," ujar Deputi IV Kemenko Maritim Safrie Burhanudin di Jakarta, Jumat, (12/8).

Safrie menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat budaya maritim tanah air. Kapal dibuat sesuai gambar di Candi Borobudur. Kapal ini sebetulnya sempat mencoba berlayar pada 2010 silam, namun gagal karena diterjang ombak besar di perairan Filipina. Barulah sukses di tahun 2016.

Kapal berangkat dari Marina Beach, Ancol pada tanggal 11 Mei 2016, langsung berlayar dan singgah di Pontianak, Brunei Darussalam, Manila, Taiwan kemudian berlabuh di Jepang.

Di negeri Sakura itu, kapal awalnya berlabuh di Naha, berlanjut ke Kagoshima, Toba dan terakhir menuju Tokyo.

"Kapal ini memang diarahkan ke sana untuk dijadikan museum sejarah hubungan kebudayaan Indonesia-Jepang," kata Safrie.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA