Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Tantangan Profesionalisme pada Kasus Polisi Bunuh Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 05 Mei 2024, 12:51 WIB
Ada Tantangan Profesionalisme pada Kasus Polisi Bunuh Diri
Kasus bunuh diri Polri banyak dilatarbelakangi akibat tantangan profesionalisme/RMOL
rmol news logo Kasus polisi bunuh diri di perumahan elite Mampang Prapatan tak bisa dilihat sebatas bunuh diri. Ada tantangan besar yang dipikul anggota Polri hingga rela bunuh diri.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Human Institute, Rasminto, pada diskusi virtual yang digagas Forum Mahasiswa Galuh Raya Indonesia, dengan tema Kasus Bunuh diri Anggota BKO Polri: Pertaruhan Karir Jenderal Sigit dan Momentum Transformasi Polri?

"Kami melihat, kasus ini akan selesai atau hanya dilihat pada persoalan kasus bunuh dirinya, padahal kita tidak bisa hanya melihat fenomena bunuh diri si anggota ataupun si oknum polisi itu sendiri, karena banyak hal yang berkaitan, menjurus pada masalah tantangan profesionalisme," kata Rasminto, Minggu (5/5).

Menurutnya, Polri memiliki peran luar biasa besar, di antaranya menjaga keamanan, ketertiban dan keadilan di tengah masyarakat.

"Nah, 3 elemen itulah yang mendasari agenda reformasi untuk tertib hukum, jika kita mau mereformasi republik ini," katanya.

Pejuang dan aktivis demokrasi 98 itu juga tak ingin ada abuse of power dari pemerintah lewat alat negara, dalam hal ini institusi Polri dan TNI, untuk menekan masyarakat.

"Polisi sangat luar biasa menjaga keamanan, keadilan, namun dalam implementasi yang telah dicapai, banyak menghadapi sejumlah permasalahan serius," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA