Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Usut Dugaan Intervensi Beberapa Pejabat Kemnaker Terkait Proses Lelang Pengadaan Sistem Proteksi TKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 28 September 2023, 00:53 WIB
KPK Usut Dugaan Intervensi Beberapa Pejabat Kemnaker Terkait Proses Lelang Pengadaan Sistem Proteksi TKI
Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri/RMOL
rmol news logo Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mendalami soal adanya intervensi terselubung dari beberapa pejabat di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terkait proses lelang pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Hal itu merupakan salah satu materi yang didalami tim penyidik melalui dua orang saksi yang telah diperiksa tim penyidik di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

"Tim penyidik telah selesai memeriksa saksi-saksi, Agus Ramdhany (PNS Kemnaker), dan Sopyan (Pengantar Kerja Ahli Madya)," kata Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Rabu (27/9).

Kedua saksi tersebut, imbuh Ali, didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan keikutsertaan saksi sebagai panitia dalam proses lelang pengadaan sistem proteksi TKI di Kemnaker.

"Didalami juga kaitan adanya intervensi terselubung dari beberapa pejabat di Kemnaker saat itu," terang Ali.

Sementara itu, seorang saksi lainnya, yakni Rony Dosonugroho selaku karyawan swasta tidak hadir, dan akan dijadwalkan pemeriksaan ulang.

KPK secara resmi mengumumkan penyidikan perkara ini pada Senin (21/8). Namun, KPK belum menyampaikan identitas tersangka, maupun uraian perbuatannya. Yang pasti, perkara ini terkait dengan dugaan kerugian keuangan negara mencapai miliaran rupiah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tiga orang telah ditetapkan tersangka dalam kasus ini adalah Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemnaker, I Nyoman Darmanta; Direktur PT Adi Inti Mandiri, Kurniadi.

Terakhir, pensiunan PNS, Reyna Usman yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPW PKB Bali dan menjadi Caleg PKB Dapil Gorontalo nomor urut 1.

Dalam perkara ini, Reyna Usman ditetapkan sebagai tersangka dalam kapasitasnya saat menjabat sebagai Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kemnaker.

Adapun tersangka Reyna Usman telah diperiksa sebagai saksi di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (4/9). Saat itu, Reyna didalami soal perencanaan awal proyek pengadaan sistem proteksi TKI.

Selain itu, KPK juga telah menggeledah rumah kediaman Reyna Usman di beberapa tempat. Pada Selasa (29/8), kediaman Reyna di Jalan Merdeka atau Jalan Taki Niode Ipilo Gorontalo telah digeledah. Selanjutnya pada Kamis (7/9), rumah Reyna di Kabupaten Badung, Bali, juga sudah digeledah.

Dari rumah Reyna di Bali, KPK mengamankan beberapa dokumen berupa catatan transaksi transfer sejumlah uang ke beberapa pihak. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA