Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mentan Sudah Buat Blue Print Ketahanan Pangan era Prabowo

Sabtu, 28 September 2024, 16:04 WIB
Mentan Sudah Buat Blue Print Ketahanan Pangan era Prabowo

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman/RMOL

RMOL. Ketahanan pangan yang menjadi salah satu misi Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto, kerangka kerja terperincinya atau blue print telah disiapkan Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-20 dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) ke-26, di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9).

"Insya Allah kami sudah membuat blue print untuk pangan 2024, 2025, 2029," ujar Amran.

Dia menjelaskan, blue print yang disusun Kementan untuk ketahanan pangan, bahkan sudah mulai dilaksanakan di beberapa daerah.

Salah satu yang telah diterapkan, diurai Amran adalah program pengembangan produksi pangan dalam negeri.

"Hari ini sudah mulai bekerja di lapangan, khususnya wilayah Merauke, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat. Kita membangun cluster pertanian modern," urainya.

Lebih lanjut, Amran mengharapkan program-program yang termuat dalam blue print ketahanan pertanian mampu menjadikan Indonesia mandiri dalam ketersediaan pangan.

"Pertanian modern adalah cluster ini sejajar dengan negara maju, sehingga nantinya produktivitasnya naik, produksinya naik, biayanya bisa turun 50 persen," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOTO LAINNYA