Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Tuan Rumah Pertemuan Puncak SCO, Stabilitas Pakistan Babak Belur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Minggu, 13 Oktober 2024, 22:04 WIB
Jadi Tuan Rumah Pertemuan Puncak SCO, Stabilitas Pakistan Babak Belur
rmol news logo Di tengah berbagai persiapan yang dilakukan untuk menggelar pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), stabilitas keamanan dan politik Pakistan menghadapi tantangan yang tidak kecil.

Khaama Press dalam salah satu op-ed yang mereka terbitkan untuk menyonsong pertemuan penting itu mengatakan, rencana pemerintah menampilkan Pakistan di panggung dunia dibayangi serangkaian krisis yang mempertanyakan kemampuan menjadi tuan rumah dan juga legitimasi sebagai negara yang berfungsi baik.

“Serangan teroris terbaru di dekat bandara Karachi, yang merenggut nyawa dua warga negara Tiongkok, menjadi pengingat yang jelas tentang kegagalan Pakistan yang terus-menerus untuk memerangi ekstremisme di dalam perbatasannya,” tulis sang penulis op-ed Noman Hossain.

Serangan yang dilakukan Tentara Pembebasan Balochistan terhadap konvoi insinyur Tiongkok membuka kekosongan jaminan keamanan Pakistan. Ini bukan yang terisolasi, melainkan bagian dari pola serangan yang mengganggu yang menargetkan kepentingan Tiongkok di negara tersebut. Frekuensi dan keberanian serangan ini mengolok-olok klaim Pakistan dalam menyediakan lingkungan yang aman bagi investasi dan diplomasi asing.

Waktu serangan ini hanya beberapa hari sebelum pertemuan puncak SCO, merupakan dakwaan yang memberatkan bagi aparat keamanan Pakistan.

Hal ini menimbulkan pertanyaan serius tentang kemampuan negara tersebut untuk melindungi warga negaranya dan delegasi internasional terkemuka yang diharapkan menghadiri pertemuan puncak tersebut. Pengumuman tergesa-gesa pemerintah tentang "rencana keamanan komprehensif" terdengar hampa mengingat pelanggaran keamanan yang berulang. Orang tidak dapat tidak bertanya-tanya apakah Pakistan mengundang para pemimpin dunia ke zona perang potensial daripada tempat diplomatik yang aman.

“Yang menambah kekacauan ini adalah krisis politik yang sedang berlangsung yang berpusat di sekitar partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI),” tulisnya lagi.

Penindasan keras pemerintah terhadap protes PTI, termasuk penggunaan gas air mata, pentungan, dan penangkapan massal, menggambarkan gambaran rezim yang lebih tertarik membungkam oposisi daripada menangani keluhan yang sah.

Pemandangan dari Lahore, tempat para pendukung PTI menentang semua rintangan untuk mencapai Minar-i-Pakistan, menunjukkan ketidakpuasan mendalam yang tidak dapat dipadamkan hanya dengan kekerasan.

“Yang mungkin paling meresahkan adalah pendekatan pemerintah yang terang-terangan munafik terhadap berbagai kelompok di dalam negeri. Larangan terhadap Gerakan Pashtun Tahaffuz (PTM) adalah contoh mencolok dari kesediaan negara untuk menghancurkan gerakan protes sipil yang damai, khususnya yang mewakili komunitas minoritas,” masih tulis op-ed itu.

Pendekatan yang keras ini sangat kontras dengan perlakuan tidak peduli yang diberikan kepada organisasi teroris terkenal seperti Tehrik-i-Taliban Pakistan (TTP). Kesediaan pemerintah Pakistan untuk berunding dengan TTP, kelompok yang bertanggung jawab atas kekejaman yang tak terhitung jumlahnya, sementara pada saat yang sama menindak pengunjuk rasa damai, mengungkap kebangkrutan moral di jantung pemerintahan negara tersebut. Kebijakan yang bermuka dua ini tidak hanya merusak kredibilitas Pakistan di panggung dunia tetapi juga mengancam untuk semakin mengacaukan tatanan sosial yang sudah rapuh.

Krisis ekonomi yang melanda Pakistan menambah lapisan absurditas lain dalam upayanya untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak internasional. Dengan inflasi yang merajalela, mata uang yang anjlok, dan cadangan devisa yang menipis, negara tersebut tidak mampu untuk menyelenggarakan acara diplomatik yang mewah.

Protes baru-baru ini di Karachi terhadap pemadaman listrik dan tagihan listrik yang membengkak menyoroti kesenjangan antara ambisi internasional pemerintah dan kenyataan pahit yang dihadapi oleh warganya. Kita harus mempertanyakan kebijaksanaan mengalokasikan sumber daya yang langka untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak SCO ketika layanan dasar seperti listrik dan air tetap tidak dapat diandalkan untuk sebagian besar penduduk. Prioritas pemerintah tampak sangat tidak selaras, berfokus pada proyeksi citra kemakmuran dan stabilitas ke dunia luar sambil mengabaikan kebutuhan mendasar rakyatnya sendiri.

Pertemuan puncak SCO mendatang kemungkinan akan mengungkap berbagai kelemahan Pakistan ke dunia daripada memamerkan kekuatan Pakistan.

“Ketidakmampuan negara tersebut untuk menyediakan keamanan dasar, penindasannya terhadap oposisi politik, pendekatannya yang kontradiktif terhadap kelompok teroris, dan salah urus ekonominya akan terlihat jelas bagi masyarakat internasional. Selain itu, penanganan Pakistan terhadap persiapan KTT menimbulkan masalah etika yang serius. Dengan mengundang para pemimpin dunia ke negara tempat protes sipil ditindas dengan kekerasan dan serangan teroris terjadi dengan frekuensi yang mengkhawatirkan, pemerintah berpotensi membahayakan para delegasi ini. Ini adalah pertaruhan yang dapat menimbulkan konsekuensi diplomatik yang parah jika terjadi kesalahan selama acara tersebut,” demikian urainya. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA