Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunung Api Rusia Meletus Usai Dilanda Gempa 7 Magnitudo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 18 Agustus 2024, 13:31 WIB
Gunung Api Rusia Meletus Usai Dilanda Gempa 7 Magnitudo
Foto dari Institut Vulkanologi dan Seismologi Cabang wilayah Paling Timur Rusia menunjukkan letusan gunung berapi hari ini/Mirror US
rmol news logo Gempa berkekuatan 7 magnitudo di lepas pantai Kamchatka, Rusia memicu erupsi gunung api Shiveluch yang berjarak sekitar 450 kilometer di dekatnya pada Minggu (18/8).
HUT 79 RI

Menurut laporan kantor berita Rusia TASS, gunung api itu terpantau meletus dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 8 kilometer dari permukaan laut.

"Menurut evaluasi visual, kolom abu naik setinggi 8 kilometer di atas permukaan laut," bunyi laporan tersebut, seraya menambahkan bahwa semburan lava juga telah terdeteksi.

Hingga kini belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun jumlah kerusakan.

"Tidak ada kerusakan besar yang disebabkan oleh gempa tersebut. Bangunan-bangunan sekarang sedang diperiksa untuk mengetahui potensi kerusakan, dengan perhatian khusus diberikan pada fasilitas sosial," ungkap TASS.

Kementerian Darurat Rusia juga tidak mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa.

Menurut Survei Geologi AS (USGS), episentrum gempa berada sekitar 88 kilometer dari Petropavlovsk-Kamchatsky dan memiliki kedalaman sekitar 48 kilometer.

USGS juga memperingatkan bahwa gelombang tsunami berbahaya dari gempa bumi ini mungkin terjadi dalam jarak 300 kilometer dari episentrum di sepanjang pantai Rusia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA