Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiba di Korea Utara, Putin Peluk Erat Kim Jong Un

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 19 Juni 2024, 13:19 WIB
Tiba di Korea Utara, Putin Peluk Erat Kim Jong Un
Presiden Rusia, Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berpelukan di Bandara Pyongyang pada Rabu, 19 Juni 2024/Net
rmol news logo Kedatangan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Bandara Pyongyang pada Rabu pagi (19/6), disambut langsung oleh pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un.

Menurut laporan Kantor Berita Resmi Korea Utara KCNA, Kim menyapa Putin, kemudian berjabat tangan, berpelukan dan berbicara di samping pesawat pemimpin Rusia itu.

Kedua pemimpin itu kemudian menaiki limusin yang sama menuju Kumsusan State Guest House.

“Melewati jalan-jalan Pyongyang yang terang benderang pada malam hari, para pemimpin puncak bertukar pikiran terdalam mereka dan membuka pikiran mereka untuk lebih mengembangkan hubungan DPRK-Rusia,” bunyi laporan tersebut.

Menurut penasihat kebijakan luar negeri Putin, Yuri Ushakov, agenda kunjungan dua hari itu diisi dengan diskusi tatap muka antara kedua pemimpin, serta konser gala, resepsi kenegaraan, pengawal kehormatan, penandatanganan dokumen dan pernyataan kepada media.

Putin juga mengeluarkan perintah presiden pada malam kunjungannya yang mengatakan bahwa Moskow ingin menandatangani “perjanjian kemitraan strategis komprehensif” dengan Korea Utara.

Ushakov mengatakan hal itu akan mencakup masalah keamanan.

Sebelum tiba di Pyongyang, Putin menulis sebuah artikel berjudul "Russia and Democratic People’s Republic of Korea: Tradition of Friendship and Cooperation Lasts Decade after Decade".

Dalam artikel yang diterbitkan Surat Kabar Partai Pekerja Korea Rodong Sinmun pada Selasa (18/6), Putin memberikan informasi tentang tentang prospek kemitraan kedua negara dan signifikansinya di dunia.

Dia mengapresiasi Korea Utara sebagai mitra terpercaya yang bersedia dengan tegas menentang ambisi kelompok Barat yang berusaha memaksakan nilai-nilai dan menerapkan standar ganda di dunia.

"Kami senang bahwa teman-teman Korea membela kepentingan mereka dengan sangat efektif, meskipun AS memberikan tekanan ekonomi, provokasi, pemerasan dan ancaman militer yang telah berlangsung selama beberapa dekade," tulisnya.

Kesamaan pandangan yang dimiliki mendorong keyakinan Putin untuk meningkatkan kerjasama bilateral dengan Korea Utara.

"Kami sangat yakin bahwa kami akan meningkatkan kerja sama bilateral. Hal ini akan sejalan dengan upaya kita bersama dan hal ini akan berkontribusi pada pengembangan kerja sama timbal balik dan setara antara Rusia dan Korea Utara," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA