Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pejabat dari 68 Negara Hadiri Pemakaman Raisi di Teheran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 23 Mei 2024, 14:11 WIB
Pejabat dari 68 Negara Hadiri Pemakaman Raisi di Teheran
Jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi saat diangkut ke kampus Universitas Teheran di Teheran, Iran pada Rabu, 22 Mei 2024/Net
rmol news logo Upacara penghormatan terakhir untuk Presiden Iran Ebrahim Raisi dan pejabat lainnya di Teheran pada Rabu (22/5), dihadiri langsung oleh puluhan pejabat tinggi dari 68 negara.

Kedatangan para pejabat asing itu disambut oleh presiden pengganti sementara Mohammad Mokhber, menteri luar negeri sementara Ali Bagheri Kani dan pejabat pemerintah Iran lainnya.

Mengutip Anadolu Ajansi, pemimpin negara yang tampak hadir yakni Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dan Perdana Menteri Azerbaijan Ali Asadov.

Presiden Tunisia Kais Saied, Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon dan ketua parlemen Lebanon, Aljazair, Kazakhstan, Ethiopia, Mali, Rusia dan Uzbekistan juga hadir dan memberikan penghormatan.

Wakil Presiden Turki Cevdet Yilmaz dan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan juga ambil bagian dalam upacara tersebut.

Turut hadir pula  para menteri luar negeri Lebanon, Mesir, Tunisia, Arab Saudi, Kuwait, Uzbekistan, Tajikistan, Belarus, Armenia, Azerbaijan, Sri Lanka, Afghanistan, Pakistan, Venezuela dan Yordania.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh juga mengambil bagian dalam upacara tersebut dan mengadakan pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di sela-sela upacara pemakaman.

Presiden Raisi, Menlu Husain Amir-Abdollahian dan lainnya tewas setelah helikopter mereka jatuh di barat laut Iran pada hari Minggu (19/5) karena kondisi cuaca buruk.

Pihak berwenang telah memerintahkan penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan itu.

Raisi akan diterbangkan ke kota Masyhad di timur laut pada Kamis pagi (24/5) dan dimakamkan di tempat suci Imam Reza, tempat ia menjabat sebagai penjaga dari tahun 2016 hingga 2019.

Sementara Amir-Abdollahian akan dimakamkan di kuil Shah Abdul Azim di Teheran selatan pada Kamis pagi (24/5), sesuai keinginan keluarganya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA