Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASPI: China Gunakan Aplikasi Market Place dan Game Online untuk Propaganda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 13 Mei 2024, 06:48 WIB
ASPI: China Gunakan Aplikasi Market Place dan Game Online untuk Propaganda
Ilustrasi market place Temu.
rmol news logo Sebuah studi yang dilakukan Australian Strategic Policy Institute (ASPI) menyimpulkan bahwa pihak China juga menggunakan berbagai game online sebagai alat propaganda politik selain aplikasi media sosial seperti TikTok.

Institut Kebijakan Strategis Australia adalah lembaga penelitian yang menerima dana dari pemerintah Australia dan pihak lain di luar negeri. Dalam laporan tanggal 2 Mei lalu, lembaga ini mengatakan bahwa para pemimpin propaganda Beijing menjalin hubungan dengan perusahaan teknologi Tiongkok untuk mengumpulkan data pribadi dari berbagai aplikasi media sosial atau platform dan game online populer.

Mereka termasuk aplikasi ride-sharing DiDi, game aksi Genshin Impact, dan pasar online populer Temu.

Penelitian di Australia mengklaim bahwa ambisi Tiongkok adalah mengumpulkan data yang “bernilai strategis” dari media, game, kecerdasan buatan, dan teknologi baru lainnya.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Tiongkok “bekerja untuk memperluas pengaruhnya di luar negeri guna membentuk kembali ekosistem informasi global untuk memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan, melegitimasi aktivitasnya, dan memperkuat pengaruh budaya, teknologi, ekonomi, dan militer Tiongkok.”

VOA melaporkan, sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak berwenang Tiongkok. Beijing sebelumnya menuduh pemerintah Australia melakukan “histeria anti-Tiongkok” atas berbagai perselisihan geopolitik dan perdagangan.

Samantha Hoffman, penulis utama laporan Australian Strategic Policy Institute, mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC) minggu ini bahwa data yang diperoleh dari aplikasi, platform, dan game dapat bermanfaat bagi Tiongkok.

“Itu bisa menjadi data tentang cara pengguna mengambil keputusan. [Dengan] Temu, bisa jadi preferensi yang menunjukkan suka dan tidak suka dari demografi tertentu,” katanya.

“Jika Tiongkok mencoba membentuk cara dunia memandang dan memahami kebenaran dan kenyataan, maka data ini akan membantu upaya tersebut menjadi lebih berhasil seiring berjalannya waktu,” sambung Hoffman.

Laporan tersebut mendesak para pembuat kebijakan untuk “mengembangkan pertahanan dan tindakan penanggulangan yang kuat untuk melindungi diri dari kampanye informasi di masa depan yang diatur oleh Beijing.”

Ia juga menegaskan bahwa banyak perhatian telah diberikan kepada platform TikTok milik Tiongkok karena kekhawatiran bahwa data pengguna yang dikumpulkannya dapat dibagikan kepada pihak berwenang Tiongkok. Namun laporan ini memperingatkan bahwa masalahnya “lebih dalam dari sekedar TikTok.”

Pemilik TikTok di Tiongkok, ByteDance, mengatakan pihaknya akan mengajukan gugatan ke pengadilan di Amerika Serikat atas apa yang mereka sebut sebagai undang-undang “inkonstitusional” yang akan disahkan oleh Kongres yang mungkin mengharuskan platform tersebut untuk dijual atau dilarang di negara tersebut.

ByteDance membantah adanya kolusi dengan pemerintah Tiongkok.

Marina Zhang, seorang profesor di Institut Hubungan Australia-Tiongkok di Universitas Teknologi Sydney, mengatakan kepada VOA menurutnya laporan Institut Kebijakan Strategis itu berlebihan.

“Mesin propaganda Tiongkok sangat besar, tetapi menghubungkan semua aplikasi media sosial ke mesin propaganda ini agak berlebihan,” katanya.

Zhang mengatakan dia yakin kolaborasi teknologi, dan bukan konfrontasi, adalah kepentingan terbaik Tiongkok.

“Jika segregasi akan terjadi dan jika laporan seperti ini terjadi, Tiongkok akan terisolasi dari negara-negara lain di dunia,” kata Zhang.

“Jadi, kami tidak ingin melihat keterpisahan teknologi secara total antara Tiongkok dan negara-negara Barat, tidak hanya dalam hal penerapannya tetapi juga pada akhirnya dalam infrastruktur teknologi. Itu tidak akan baik bagi siapa pun,” sambungnya.

Tahun lalu, Australia mengatakan akan melarang TikTok di perangkat pemerintah, termasuk ponsel, karena kekhawatiran akan keamanan dan pengawasan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA