Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengenang 59 Tahun Kunjungan Persahabatan Kim Il Sung di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 19 April 2024, 19:35 WIB
Mengenang 59 Tahun Kunjungan Persahabatan Kim Il Sung di Indonesia
Presiden Indonesia, Soekarno dan Pemimpin Korea Utara, Kim Il Sung/Net
rmol news logo Tahun ini menandai peringatan 59 tahun kunjungan resmi Pemimpin Korea Utara Kim Il Sung dan Kim Jong Il ke Indonesia.

Keduanya melakukan lawatan dari tanggal 10 hingga 20 April 1965, atas undangan dari Presiden pertama RI, Soekarno.

Saat itu Soekarno mengerahkan  pesawat-pesawat tempur angkatan udara untuk mengawal pesawat khusus yang membawa Presiden Kim Il Sung dan Ketua Kim Jong Il menuju Indonesia.

Kedatangan para pemimpin Korea Utara disambut dengan meriah oleh ratusan warga Indonesia. Soekarno juga memberikan penghargaan kepada Presiden Kim Il Sung dengan penghargaan kelas satu “Orde Republik Indonesia".

Keduanya menggelar pertemuan bilateral dan menyampaikan komitmen untuk bekerja sama membangun masyarakat baru yang berkeadilan dengan menjunjung panji anti imperialisme dan kemerdekaan serta memantapkan solidaritas.

Saat mengunjungi Kebun Raya Bogor, Presiden Soekarno memberikan tanda penghormatan dengan menamai sebuah anggrek cantik dengan nama Kimilsungia, diambil dari nama Presiden Kim Il Sung.

Kunjungan bersejarah ini memberikan tonggak sejarah dalam hubungan Korea Utara-Indonesia yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Pada 2002, Presiden Kim Jong Il bertemu dengan Presiden Megawati Soekarno Putri di Indonesia.

Hubungan persahabatan yang telah terjalin lama antara DPRK dan Indonesia merupakan warisan berharga yang harus dipegang oleh pemerintah dan masyarakat kedua negara.

Merupakan pendirian yang konsisten dari pemerintah Korea Utara untuk selalu mengembangkan hubungan persahabatan bilateral demi keuntungan bersama bagi masyarakat kedua negara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA