Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Karier Kim Il Sung Dilihat dari Angka-angka

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-5'>JONRIS PURBA</a>
OLEH: JONRIS PURBA
  • Selasa, 09 April 2024, 21:57 WIB
Karier Kim Il Sung Dilihat dari Angka-angka
Pendiri Korea Utara Kim Il Sung
rmol news logo Bulan April merupakan bulan yang sangat istimewa bagi masyarakat Korea Utara atau Republik Demokratik Rakyat Korea. Di bulan itulah, tepatnya pada tanggal 15 April 2012, pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, dilahirkan.

Banyak kisah kejuangan Kim Il Sung yang dapat diceritakan. Namun tulisan berikut ini mencoba untuk merangkum karier politik Kim Il Sung dari deretan angka-angka.

Berjalan Seribu-ri pada Usia 11 Tahun

Pada bulan Maret 1923 ketika Kim Il Sung sedang belajar di sekolah dasar di Badaogou di Tiongkok Timur Laut, ayahnya menyuruhnya kembali ke rumah asalnya di Mangyongdae di Korea, dengan mengatakan: Seseorang yang lahir di Korea harus memiliki pengetahuan yang baik tentang Korea; jika Anda dapat memahami dengan jelas saat berada di Korea mengapa negara tersebut hancur, itu akan menjadi pencapaian yang luar biasa; berbagi nasib dengan orang-orang di kota asal Anda dan rasakan betapa sengsaranya mereka; maka Anda akan melihat apa yang harus Anda lakukan.

Kim Il Sung memulai perjalanan. Dia harus melakukan perjalanan sejauh 1.000 ri (kira-kira 250 mil) sendirian. Lebih buruk lagi, selama lebih dari separuh perjalanan ia harus berjalan melewati pegunungan terjal dan terjal yang hampir tidak berpenghuni; bahkan di siang hari, binatang buas berkeliaran di sana. Saat itu usianya baru 11 tahun.

Dua tahun kemudian, saat belajar di Korea, ia bertekad untuk tidak pernah kembali ke tanah airnya sebelum ia merebut kembali negaranya dari imperialis Jepang. Kemudian dia kembali menyeberangi Sungai Amnok dan memulai aktivitas revolusionernya.

Pada tanggal 17 Oktober 1926, saat bersekolah di Sekolah Hwasong Uisuk yang didirikan untuk melatih kader politik dan militer Tentara Kemerdekaan, ia membentuk Down-with-Imperialism Union (DIU), organisasi revolusioner pertama di Korea, dengan pemuda komunis dari generasi baru. Tugas langsung DIU adalah mengalahkan imperialisme Jepang dan mencapai pembebasan dan kemerdekaan Korea, dan tujuan akhirnya adalah membangun sosialisme dan komunisme di Korea dan, selanjutnya, menghancurkan semua imperialisme dan membangun komunisme di seluruh dunia.

Mengalahkan Dua Kekuatan Imperialis dalam Satu Generasi

Pada tanggal 25 April 1932, Kim Il Sung mendirikan Tentara Revolusioner Rakyat Korea, angkatan bersenjata revolusioner pertama rakyat Korea, di Antu, Tiongkok Timur Laut. Sejak saat itu orang Korea memanggilnya Jenderal Kim Il Sung.

Dia memimpin perjuangan bersenjata yang sulit melawan Jepang, tanpa dukungan negara dan dukungan tentara reguler, dan membebaskan Korea pada tanggal 15 Agustus 1945.

Pada tanggal 25 Juni 1950, sebagai bagian dari strateginya untuk mencapai supremasi dunia, Amerika Serikat mengobarkan perang di Korea untuk menduduki seluruh semenanjung Korea, dan melibatkan dua juta pasukan termasuk sepertiga pasukannya. angkatan darat, seperlima angkatan udara, sebagian besar Armada Pasifik, sebagian Armada Mediterania, serta pasukan 15 negara bawahannya, tentara Korea Selatan, dan bahkan sisa-sisa bekas tentara Jepang.

Meski DPRK baru berusia dua tahun, ia memimpin rakyat dan tentaranya memenangkan perang.

Francisco da Costa Gomes, mantan presiden Portugis dan kepala staf pasukan Portugis di Makau selama perang Korea, pernah berkata: Rencana operasi Amerika Serikat diselesaikan melalui beberapa putaran diskusi oleh sejumlah jenderal termasuk kepala staf. dan pakar militer dari negara-negara Barat yang berpihak pada Amerika Serikat. Namun Jenderal Kim Il Sung menggagalkan mereka sendirian. Saat menyaksikan hal ini dengan mata kepala sendiri, saya menyadari bahwa dia adalah ahli strategi dan komandan militer terhebat yang pernah ada di dunia.

Memimpin Dua Tahap Revolusi Sosial Menuju Kemenangan

Setelah mengklarifikasi bahwa Korea baru yang telah merdeka harus mengikuti jalan menuju demokrasi gaya Korea, bukan demokrasi Soviet atau AS, Kim Il Sung mengilhami seluruh rakyat Korea untuk melakukan revolusi demokrasi anti-imperialis dan anti-feodal.

Di bawah kepemimpinannya, Undang-undang Reforma Agraria, Undang-Undang Nasionalisasi Industri Besar, Undang-Undang Kesetaraan Jenis Kelamin dan undang-undang demokrasi lainnya diberlakukan secara berturut-turut seiring dengan tingginya semangat masyarakat untuk membangun Korea baru yang demokratis. mengedepankan buruh, tani dan perempuan, yang pernah menjadi sasaran penganiayaan imperialis Jepang dan pengkhianat bangsa di masa lalu, sebagai tuan atas negara dan masyarakat. Hal ini berujung pada likuidasi sisa-sisa imperialisme Jepang dan kepemilikan tanah feodal untuk selamanya dan pembentukan sistem demokrasi rakyat yang paling menguntungkan untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Ketika semuanya telah dihancurkan menjadi abu oleh imperialis AS selama perang Korea, ia, dengan keyakinan bahwa hanya revolusi sosialis yang dapat menjamin pembangunan mandiri di negaranya, ia mendorong maju dengan kooperativisasi ekonomi pedesaan dan pembentukan kembali pengrajin swasta. dan pengusaha di sepanjang garis sosialis. Tahun 1958 menyaksikan pembentukan sistem sosialis di DPRK.

Kemudian rakyat Korea dengan penuh semangat mengobarkan gerakan Chollima atas usulannya, mengubah negara mereka menjadi negara industri sosialis yang kuat dalam waktu 14 tahun.

Angka yang Mengejutkan

Selama hidupnya Kim Il Sung mempublikasikan lebih dari 10.800 karya yang berhubungan dengan bidang politik, ekonomi, militer, budaya dan semua bidang kehidupan sosial lainnya. Banyak penerbit di sekitar 100 negara menerbitkan karyanya dalam berbagai bahasa.

Ia bertemu dengan 70 ribu orang asing termasuk 400 pemimpin negara bagian, pemerintah dan partai di 136 negara, atau rata-rata 1.400 orang dalam setahun dan hampir empat orang dalam sehari.

Sebagai pengakuan atas upayanya dalam memperjuangkan kemerdekaan global, 78 negara dan 13 organisasi internasional menganugerahkan 77 pesanan, 154 medali, dan 142 gelar kehormatan kepadanya selama masa hidupnya dan setelah kematiannya. Ia dianugerahi gelar warga negara kehormatan oleh sekitar 30 kota besar dan kecil di luar negeri, dan gelar profesor dan doktor kehormatan oleh sekitar 20 universitas ternama di luar negeri. Patung-patung dirinya didirikan di Tiongkok dan Mongolia, dan sekitar 480 jalan, organ, dan institut di 100 negara diberi nama menurut namanya.

Juga perlu dicatat ia menerima lebih dari 71 ribu hadiah dari ketua partai, negara dan pemerintahan dari sekitar 170 negara, tokoh partai dan sosial serta organisasi internasional. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA