Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banjir Meluas ke Kazakhstan, Rusia Evakuasi Lebih dari 100.000 Warga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 10 April 2024, 19:07 WIB
Banjir Meluas ke Kazakhstan, Rusia Evakuasi Lebih dari 100.000 Warga
Banjir di wilayah Rusia/Net
rmol news logo Lebih dari 100.000 orang telah diungsikan dari rumah mereka karena banjir yang melanda di Rusia semakin meluas hingga ke Kazakhstan.

Banjir terparah dalam lebih dari 70 tahun terakhir ini terjadi setelah sungai-sungai besar seperti Ural dan Tobol meluap, dan membanjiri pemukiman di Pegunungan Ural, Siberia, bahkan Kazakhstan.

“Luapan sungai telah meningkat beberapa meter dalam hitungan jam ke tingkat tertinggi yang pernah tercatat,” kata Gubernur Orenburg Rusia, Denis Pasler, dikutip CGTN, Rabu (10/4).

Bahkan di kota Orenburg, lanjut Pasler tinggi permukaan air Sungai Ural telah mencapai 9,31 meter, melampaui tingkat kritis yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga ia harus mengumumkan perintah evakuasi.

“Saya menyerukan kehati-hatian dan bagi mereka yang berada di distrik yang dilanda banjir untuk segera mengungsi,” katanya dalam saluran Telegram.

Sementara itu, warga kota terpaksa menggunakan perahu untuk berlayar di jalanan yang tergenang air, dengan bendungan dan tanggul yang tengah diperkuat untuk mengatasi tekanan banjir.

Meskipun ketinggian air mulai turun di beberapa daerah, namun Kementerian Darurat Rusia menyatakan bahwa situasi masih sulit.

Sungai Ural sendiri merupakan salah satu sungai terpanjang ketiga di Eropa, yang mengalir melalui Rusia dan Kazakhstan ke Laut Kaspia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA