Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Ngaku 31 Ribu Tentara Ukraina Tewas Selama Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 26 Februari 2024, 09:43 WIB
Zelensky <i>Ngaku</i> 31 Ribu Tentara Ukraina Tewas Selama Perang
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Jumlah kerugian yang diderita Ukraina selama perangnya dengan Rusia, akhirnya diungkap oleh Presiden Volodymyr Zelensky.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (25/2), Zelensky mengatakan bahwa telah ada 31 ribu tentara Ukraina yang terbunuh sejak invasi besar-besaran dilancarkan Rusia Februari 2022.

"Sebanyak 31 ribu tentara Ukraina tewas dalam perang ini. Bukan 300 ribu, bukan juga 150 ribu seperti yang diumumkan oleh Putin (Presiden Rusia). Namun Ini tetap kerugian besar bagi kami," ungkapnya, seperti dimuat Reuters.

Ini merupakan pengumuman resmi kedua tentang kerugian perang Ukraina. Zelensky mengaku baru mengungkapnya karena khawatir akan digunakan Rusia untuk menyusun strategi perang.

Pengumuman pertama dilakukan akhir tahun 2022 lalu, ketika Ajudan Presiden Mykhailo Podolyak mengatakan 13.000 tentara Ukraina telah tewas selama invasi.

Laporan New York Times Agustus tahun lalu menyebutkan jumlah korban tewas di Ukraina hampir mencapai 70.000 orang dan Rusia dengan 120.000 tentara.

Sementara Zelensky mengklaim bahwa 180.000 warga Rusia tewas dalam pertempuran tersebut.

Rusia sendiri enggan mengungkapkan kerugian militer, yang dianggap rahasia. Tetapi kedua negara itu kerap menggambarkan besarnya kerugian di pihak lawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA