Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lawan Politik Putin Tiba-tiba Menghilang dari Penjara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 12 Desember 2023, 14:58 WIB
Lawan Politik Putin Tiba-tiba Menghilang dari Penjara
Alexei Navalny/Net
rmol news logo Tak lama setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan pencalonannya untuk pemilihan umum tahun 2024, lawan politiknya yang dipenjara yakni Alexei Navalny tiba-tiba menghilang dari sel tahanan.

Kabar itu diungkap oleh pengacara Navalny, Kira Yarmysh pada Senin (11/12). Disebutkan bahwa sosok penentang Putin itu tidak lagi ditemukan di penjara tempat dirinya dihukum di wilayah timur Moskow.

"Di mana Alexei berada masih belum diketahui," cuit Yarmysh dalam postingan di akun media sosial X, seperti dimuat oleh Business Insider.

Yarmysh menceritakan bahwa beberapa minggu sebelum hilang, Navalny dalam kondisi sakit dan penyakitnya masih belum diketahui.

Pengacaranya itu juga mengaku tidak bisa berbicara maupun mengontak Navalny selama enam hari terakhir. Yarmysh mengatakan surat-suratnya juga tidak dibalas, dan Navalny absen dalam sidang video court.

Menurut laporan Associated Press, Navalny menjalani hukuman penjara 19 tahun, selain hukuman penjara 11 tahun lainnya terkait tuduhan ekstremisme. Dia akhirnya dipindahkan ke penjara dengan keamanan maksimum IK-6.

Para pendukung Navalny percaya penahanan itu bersifat politik karena selama ini Navalny terus menyuarakan penolakannya terhadap kepemimpinan Putin yang telah berlangsung selama beberapa dekade. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA