Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teken Kesepakatan Nuklir, AS Bisa Ekspor Teknologi ke Filipina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 17 November 2023, 12:54 WIB
Teken Kesepakatan Nuklir, AS Bisa Ekspor Teknologi ke Filipina
Amerika Serikat dan Filipina menandatangani kesepakatan nuklir di sela-sela KTT APEC di San Francisco pada Jumat, 17 November 2023/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) dan Filipina telah menandatangani kesepakatan nuklir yang memungkinkan Washington untuk mengekspor teknologi dan material nuklir ke Manila.

Kesepakatan tersebut ditandatangani di sela-sela KTT APEC di San Francisco, Amerika Serikat pada Jumat (17/11).

"AS akan dapat berbagi peralatan dan material dengan Filipina saat mereka berupaya mengembangkan reaktor mudular kecil dan infrastruktur energi nuklir sipil lainnya," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, seperti dikutip Reuters.  

Dalam pidatonya, Presiden Filipina Ferdinand Marcos mengatakan pihaknya tengah mengembangkan kemandirian energi lewat nuklir. Ia juga menyebut energi nuklir merupakan salah satu bidang yang dapat membuktikan aliansi Filipina dan AS.

"Kami melihat energi nuklir akan menjadi bagian dari bauran energi Filipina pada tahun 2032 dan kami sangat senang untuk menempuh jalur ini bersama Amerika Serikat," kata Marcos.

Kendati begitu, persetujuan Kongres AS diperlukan untuk kesepakatan tersebut, yang akan memungkinkan transfer bahan, peralatan dan informasi nuklir secara damai sesuai dengan persyaratan non-proliferasi.

Pada akhir tahun 2022, AS memiliki 23 perjanjian yang mencakup 47 negara, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), dan Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA