Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Xinjiang, Syafruddin Jajaki Peluang Kerja Sama Teknologi hingga SDM Unggul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 19 Oktober 2023, 18:48 WIB
Ke Xinjiang, Syafruddin Jajaki Peluang Kerja Sama Teknologi hingga SDM Unggul
Ketua ASFA Foundation, Komjen (purn) Syafruddin Kambo di Provinsi Xinjiang, China/Ist
rmol news logo Peluang kerja sama dijajaki Ketua ASFA Foundation, Komjen (purn) Syafruddin Kambo saat lawatannya ke Provinsi Xinjiang, China, Kamis (19/10).

Menurut Syafruddin, peluang kerja sama terbuka dengan Pemerintah Daerah Xinjiang, mulai dari bidang pendidikan hingga bidang sumber daya manusia (SDM) dan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Syafruddin usai bertemu dengan Vice Chairman of The CPPCC Xinjiang Committee, President of Xinjiang Institute, Abdureqip Tomurniaz di Urumqi, Provinsi Xinjiang, China.

“Tadi sudah ditawarkan kerja sama bidang teknologi agriculture dan geologi. Selain itu, pendidikan keislaman yang tentu akan dipelajari lebih mendalam karena budaya di Xinjiang dan budaya di Indonesia berbeda,” jelas Syafruddin.

Selain itu, kerja sama pembangunan SDM berkelanjutan dan unggul juga akan dijajaki bersama. ASFA Foundation sendiri memiliki misi pendidikan, membangun SDM Indonesia unggul, dan misi kemanusiaan dan perdamaian.

"Oleh karena itu, mari kita sama-sama satukan pembangunan opini, baik itu di Indonesia maupun di global," sambung mantan Wakapolri ini.

Di sisi lain, Syafruddin memandang toleransi antar umat beragama di Xinjiang cukup baik. Banyak bangunan masjid hingga gereja, termasuk pemakaman Islam di desa-desa dan di kota wilayah tersebut.

"Kemudian ada makanan halal dan tidak halal. Islam berkembang dengan baik dengan toleransi yang kuat. Tidak ada tempat buat terorisme ataupun radikalisme,” kata Syafruddin.

Dalam kunjungan ke Xinjiang, Syafruddin didampingi tokoh agama dan guru besar seperti Gus Luqman Al Hakim, Gus Akomadin Shofa, Kyai Anang Rikza Masyhadi, Habib Ali Bahar, Habib Geys, Prof Hamid Fahmi Zarkasy, dan Prof Sangidu dan beberapa lainnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA